Pengaruh Pembelajaran Deep Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SDS Muhammadiyah 01 Binjai

Isi Artikel Utama

Salsabila Amalia
Faradita Br Ginting
Mita Dwi Amanda
Humam Mahdi H.P

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Deep Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 SD S Muhammadiyah 01 Binjai. Deep Learning dalam konteks pendidikan bukan sekadar metode teknologi, tetapi pendekatan pembelajaran yang menekankan pemahaman mendalam, refleksi kritis, dan keterkaitan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment), melibatkan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Deep Learning secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan metode konvensional. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran ini menunjukkan antusiasme lebih tinggi, keingintahuan yang meningkat, serta partisipasi aktif dalam diskusi kelas. Faktor-faktor seperti penggunaan media yang kontekstual, keterlibatan emosional, dan pemaknaan materi menjadi kunci keberhasilan pendekatan ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Deep Learning memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 SD, serta dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran di jenjang pendidikan dasar untuk membentuk pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi anak-anak.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255

Diadmaja, A. G. (2024). STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMPN 1 TRENGGALEK. Skripsi.

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Faristin, Anis, Vivin, dkk. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA. Vol, 1 No, 1 Semarang

Fernando, Yogi, dkk. (2024), Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), Vol.2, No.3. ISSN: 2964-6294

Fitriani, Alya. (2025), Analisis Literature: Pendekatan Pembelajaran Deep Learning Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Nusantara (JINU), Vol, 2 No, 2. ISSN: 3047-7603

Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsi, N. F., & Irawati, I. (2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 307-312.

Hidayat, A.G, & Haryati, T. (2025), Analisis Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Deep Learning Pada Sekolah Dasar. khazanah pendidikan, 19 (1).

Ikhwandari, Afni, Lely, dkk. (2021), Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Dengan Model Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Basicedu Vol, 3 No, 4. ISSN: 2580-3735

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

Mayani, N. P. W. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS GESTUR YANG HUMANIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA GURU-GURU DI SD NEGERI 1 PAKSEBALI (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA).

Mulyani, S. (2023). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X TKJ 1 SMK Muhammadiyah 18 P. Berandan TA 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 3(5), 456-463.

Mutmainnah, Nurul, Dkk. (2025), Implementasi Pendekatan Deep Learning Terhadap Pembelajaran Matematika Disekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol, 10 No 1 ISSN: 2477-2143

Nurhasanah, dkk. (2025), Penerapan Pendekatan Deep Learning Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kota Bekasi. El-Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol, 08 No, 1. ISSN: 2654-7198.

Pratiwi, V. D., Igari, G. N., Harahap, R. D. S., & Kemala, V. D. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA UNTUK MENJAGA KEUTUHAN NEGARA INDONESIA. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2).

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.

Sari, R. A. (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Manajemen Untuk Mengurangi Perilaku Hedonisme Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07

Sartika, D. N., & Wibowo, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 45-52.https://doi.org/10.1234/jpdp.v9i1.5678

Surya Putra, W. ., & Wanda, K. . (2023). Management of Islamic religious education learning by utilizing artificial intelligence technology for students of the Islamic Religious Education study program. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 60-74. https://doi.org/10.51700/attadbir.v3i2.862

Siregar, M. T. (2023). Kajian Pembelajaran Daring dengan Pendekatan Synchronous terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 3(1).