Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa MIS An-Najwan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MIS An-Najwan Kabupaten Langkat. Fokus utama penelitian adalah pembiasaan membaca Asma’ul Husna sebagai salah satu metode dalam menanamkan nilai-nilai religius sejak dini pada anak usia dasar. Dengan pendekatan kualitatif-deskriptif dan metode studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan Asma’ul Husna secara rutin sebelum pembelajaran mampu menumbuhkan kesadaran spiritual, rasa percaya diri, dan semangat belajar siswa, terutama bagi mereka yang masih belum bisa membaca al-Qur’an. Strategi ini dinilai efektif karena didukung oleh usia anak yang sedang berkembang dan memerlukan pola-pola pembiasaan positif. Penanaman nilai religius juga ditopang oleh keteladanan guru, kedisiplinan, dan pengawasan yang berkelanjutan. Temuan ini memperkuat literatur terdahulu bahwa pembiasaan merupakan kunci dalam membentuk karakter religius siswa secara berkelanjutan.
Rincian Artikel
Referensi
br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakteristik Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI SMA Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Firdaus, Andrian. (2020) tentang Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dalam Menanamkan Pengetahuan Keagamaan pada Anak di SDIT Abata Lombok.
Fitrotu Khoirin Nisak. (2017) tentang Pengaruh Kebiasaan Membaca Asmaul Husna terhadap Karakter Siswa MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.
Hamni, A., Anum, F., Mardiah, S. A., Muflihah, Z., & Syam, H. (2025). Pengaruh Konseling Islami terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah pengamalan nilai-nilai Islam dalam perilaku siswa di madrasah. Hal ini terlihat dari rendahnya intervensi dalam upaya membentuk karakter siswa . Pendekatan tersebut akan dilakukan. 3, 103–112.
Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. (2012). Strategi Pembelajaran. Bumi Aksara.Al-Ghazali. (1990). Ihya Ulumuddin. Beirut: Darul Kutub.
Hasil Wawancara dan Literatur Nashori, 2015 (Psikologi Islam dan Pembentukan Karakter)
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Maghfiroh, Lia. (2020) tentang Pengaruh Intensitas Membaca Asmaul Husna Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VII Di MTs Uswatun Hasanah Semarang.
Marlia, A., Fadhilah, N. A., Pertiwi, M., Hasan Yusuf, M., Wulandari, N. S., Sari, S. M., Pratama S, M. R., & Ani, S. (2023). Peran Bimbingan Konseling Dan Pendidikan Agama Islam (Pai)?: Penerapan Dan Solusi Di Man 2 Palembang. SIGNIFICANT?: Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(02), 312–321. https://doi.org/10.62668/significant.v2i02.921
Nashori, F. (2015). Psikologi Islam dan Pembentukan Karakter. Yogyakarta: LKiS.
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Rustan Efendy & Irmwaddah. (2022). Pendidikan Karakter dalam PAI. Jurnal Pendidikan Islam.
Saudah, Siti & Hidayah, Ulil. (2024) tentang Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Nilai Asmaul Husna di MI Nur Aziz Probolinggo
Slamet, F. A., & Nadzifah, L. U. (2022). Peran Guru Bk dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Siswa di Ma Attaraqqie Kota Malang. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 33–41.
Suryani, I., Khairuddin, K., Siregar, T., & Marwiyahh, M. (2022). Peranan Bimbingan Konseling Islam bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan, 6(1), 666–672. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3210
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Dini Irawati et al., 2022 (Edumaspul: Jurnal Pendidikan)
Wenni Yuliastutik. (2021) tentang Upaya Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dan Shalat Berjamaah di SMP Ma’arif 9 Ponorogo