Peran Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDIT Al Fityah Binjai

Isi Artikel Utama

Rayyan Dina Amaliya
Rosa Miana
Rahma Dhini Zulham Putri Siregar
Rifqi Syahreza

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDIT Al Fityah Binjai. Dalam konteks pendidikan dasar Islam terpadu, bimbingan dan konseling tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga mendukung perkembangan psikologis, sosial, dan spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan informan yang terlibat dalam penelitian yaitu Kelompok Guru, Guru BK dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling yang dirancang secara sistematis dan integratif mampu meningkatkan motivasi belajar, disiplin, dan pencapaian akademik siswa. Melalui pendekatan individu maupun kelompok, guru BK berperan penting dalam membimbing siswa mengatasi hambatan belajar dan membentuk karakter Islami. Temuan ini menegaskan pentingnya peran strategis guru BK dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan bermakna di sekolah dasar berbasis Islam.


 


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amaliah, N., & Rohana, T. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar. Jurnal Psikoedukasi Islam, 10(3), 78–85.

Astuti, Y. (2023). Peran Guru BK dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Karakter, 3(2), 77–88.

br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (8th ed.). Belmont: Brooks/Cole.

Defi, R., Suryadi, H., & Lestari, D. (2024). Penguatan Peran Guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Edukasi, 12(1), 23–35.

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas Xi Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2001). Comprehensive Guidance and Counseling Programs: A Rich History and a Bright Future. Alexandria: American Counseling Association.

Halimatus, S., Fitriana, R., & Widodo, S. (2022). Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi dan Bimbingan, 18(2), 97–105.

Hamid, M. (2020). Tantangan Guru BK di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(2), 92–99.

Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 56–62.

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

Maulida, R. (2023). Efektivitas Konseling Individu terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Educational Research, 11(1), 43–50.

Musthafa, M. (2020). Layanan Bimbingan Konseling Terintegrasi dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 15–28.

Nurhayati, T. (2023). Kesehatan Mental Siswa dan Dampaknya terhadap Prestasi. Jurnal Psikologi Terapan, 8(3), 102–109.

Nurlaili, S. (2022). Strategi Penguatan Layanan BK Berbasis Nilai Islam. Jurnal Tarbiyah dan Konseling Islam, 4(2), 30–40.

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.

Rahmawati, L., & Yunus, M. (2021). Integrasi Nilai Islam dalam Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(2), 55–67.

Rogers, C. R. (1961). On Becoming a Person: A Therapist’s View of Psychotherapy. Boston: Houghton Mifflin.

Setiawan, A. (2021). Pendekatan Humanistik dalam Konseling Pendidikan Dasar. Jurnal Kajian Bimbingan Konseling, 7(2), 112–121.

Siregar, F., & Ningsih, H. (2020). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Konseling Islami, 5(1), 1–10

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyuni, T. (2021). Kolaborasi Guru BK dan Orang Tua dalam Menangani Masalah Akademik Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 18–25.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Yusuf, A., & Rahayu, N. (2019). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dasar.

Yusuf, S. (2003). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.