Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Sekolah Pertama

Isi Artikel Utama

Viola Asiska
Yulia Rama Salsabilla
Suri Susanti
Muhammad Afiv Sa’dan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pendidikan karakter dinilai penting untuk menghadapi tantangan zaman dan krisis moral pada generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus pada satu SMP yang telah menerapkan program pendidikan karakter. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter diimplementasikan melalui integrasi dalam kurikulum, kegiatan pembelajaran, budaya sekolah, serta program Profil Pelajar Pancasila. Kepribadian siswa dibentuk melalui nilai-nilai seperti tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama yang diajarkan secara konsisten. Faktor pendukung keberhasilan program ini antara lain peran guru, kepala sekolah, serta kerja sama dengan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter memberikan dampak positif dalam membentuk kepribadian siswa, baik dalam aspek emosional, sosial, maupun akademik. Oleh karena itu, pendidikan karakter perlu terus diperkuat secara terintegrasi dan sistematis.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Hidayat, A. W., Oktaviana, A., Sulastri, E., Hermawan, I., Jahidin, M. ?., & Herianto, E. (2024). Benarkah Pendidikan Karakter Memberikan Kontribusi Terhadap Perkembangan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa? Jurnal Kewarganegaraan, 8(2).

Linda, R., Rusdinal, R., & Firman, F. (2021). Peran Pendidikan Karakter terhadap Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Sosial pada Siswa SMP Negeri 1 Sungai Geringging. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 40-44.

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

Masruroh. (2022). Peran guru dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 45–56.

Mustakimah, & Mu’amamah. (2021). Pentingnya nilai karakter dalam pendidikan sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 134–142.

Nur Al Fajri, F., Hartono, R., & Hakim, L. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pengembangan Diri pada Siswa di SMPN 1 Sumbawa Besar. Jurnal Psimawa: Diskursus Ilmu Psikologi dan Pendidikan, 3(1), 31-38

Pratiwi. (2021). Pendidikan karakter dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 25–33.

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.

Roesdiana. (2023). Faktor-faktor pembentuk karakter siswa: Tinjauan teori dan praktik. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 78–90.

Salwiah, & Asmuddin. (2022). Strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 101–112.

Waruwu, F. (2020). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap Positif terhadap Belajar Anak di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3)

Waruwu, F. (2024). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap Positif terhadap Belajar Anak di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 11002-11008.