Analisis Peran Guru BK Dalam Menangani Siswa Yang Mengalami Broken Home Di Sekolah Manengah Atas

Isi Artikel Utama

Tri umaya
Andi Syaputra
Yohana Syabila
Syahrifatul Ulya
Dinda Afriyanti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mendampingi siswa Sekolah Menengah Atas yang berasal dari keluarga broken home. Siswa dengan latar belakang keluarga yang tidak harmonis kerap mengalami berbagai hambatan, baik secara psikologis maupun akademik. Dalam situasi seperti ini, kehadiran guru BK memiliki peran strategis dalam memberikan bimbingan berkelanjutan agar siswa tetap dapat mengikuti proses pembelajaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap program bimbingan konseling di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK menjalankan tiga peran utama, yaitu sebagai konselor yang memberikan dukungan emosional, sebagai mediator dalam membangun komunikasi antara siswa dan lingkungan sekitarnya, serta sebagai motivator yang menumbuhkan semangat belajar dan rasa percaya diri. Ketiga peran tersebut berkontribusi besar dalam membantu siswa mengatasi tekanan emosional dan menjaga fokus belajar mereka. Dengan pendampingan yang tepat, siswa dari keluarga broken home tetap dapat tumbuh dan berkembang baik secara pribadi maupun akademik. Temuan ini menegaskan pentingnya keberadaan guru BK yang peka dan responsif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung bagi semua siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Al Jundi, I., Nurlela, N., & Darmawani, E. (2024). Peran Orang Tua dalam Kesejahterahan Sosial-Emosional Anak dengan Penyakit Kronis: Studi Kasus di Sentra “Budi Perkasa” Palembang. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 55–61.

Alfarizka, D. F. (2021). Strategi Konseling Dalam Menangani Anak Usia Dini Yang Terdampak Broken Home Di Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. UIN Fatmawati Sukarno.

Alviyan, A. (2020). Peran kelompok teman sebaya dalam upaya pembentukan moral siswa di Kabupaten Ponorogo. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(2).

Alwina, S. (2023). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 5(1), 18–25.

Ardinata, R. P., Susanti, R., & Rahmat, H. K. (2023). Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kawasan Wisata Chinangkiak Dreampark Solok Sumatera Barat. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(1), 1–9.

br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas Xi Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Egas, E., Amalia, M., & Mulyana, A. (2024). Peran Hukum dalam Mengamati Keluarga terhadap Pembentukan Kepribadian Individu. Jurnal Parenting Dan Anak, 1(2), 11.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40.

Fatiha, M. C. (2022). Dampak keluarga broken home terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 10 Tangerang Selatan angkatan 2019. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Handayani, R., & Wulandari, T. (2025). Kolaborasi Guru BK dan Orang Tua dalam mengikutsertakan Siswa Broken Home di Sekolah. Jurnal Psikologi Terapan, 10(1), 24–38. https://jurnal.unair.ac.id/JPT/article/view/5834

Hasanah, N., Nur, M. A., Rahmatillah, S. A., Darwisa, D., & Putri, K. H. (2024). Analisis Faktor Penghambat dan Upaya untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3162–3169.

Jayanti, M. I., & Umar, U. (2024). Penguatan Kompetensi Sosial dan Emosional Siswa Melalui Pelatihan Guru Penggerak di Bima. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 9–17.

Kristiyani, T. (2020). Self-regulated learning: Konsep, implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press.

Kurniawan, A., & Amelia, S. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Kelas XI Broken Home di SMA. Jurnal Irsyad, 12(2), 45–60. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/download/40734/13828/127810

Lesnasari, R. D., & Leksono, A. A. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Memberikan Motivasi Belajar Peserta Didik Berlatar Belakang Broken Home di SDN Kawunggading Cianjur. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 28–44.

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

Marhamah, A., Ibrahim, H., Marliana, I., & Dongoran, R. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengurangi Kenakalan Siswa di MTs PAB 1 Helvetia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2832–2839.

Najmudin, M. F., Khotima, N. A., & Lubis, R. F. (2023). Peran orang tua terhadap psikologis anak rantau melalui komunikasi jarak jauh. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 10(01), 88–99.

Nurmaulidia, N., Gustiawati, S., & Dewi, R. S. (2024). Pola Asuh Ibu Karier dan Ibu Rumah Tangga terhadap Pembentukkan Akhlak Anak dalam Keluarga. MASALIQ, 4(1), 37–49.

Nuzuli, A. K. N., Ningsih, M. S., Astri, P. B., Fazli, M., Palenza, N. R., & Gazali, A. (2023). Gangguan Komunikasi pada Mahasiswa Pecandu Game Online Mobile Legend. Jurnal PIKMA, 5(2), 261–271.

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.

Putri, L. (2020). Dampak Kondisi Broken Home terhadap Prestasi dan Perilaku Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(3), 120–134. http://journal.um.ac.id/index.php/jpk/article/view/3505

Rachman, A., Yochanan, & Samanlangi, A. I. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Saba Jaya Publisher.

Rahmat, H. K., & Alawiyah, D. (2020). Konseling traumatik: Sebuah strategi guna mereduksi dampak psikologis korban bencana alam. Jurnal Mimbar, 6(1), 34–44.

Rahmawati, D. (2022). Peran Penting Guru Bimbingan Konseling Bagi Siswa Broken Home. https://id.scribd.com/document/706812961/Peran-Penting-Guru-Bimbingan-Konseling-Bagi-Siswa-Broken-Home

Ramadhanti, D. N. N., Twoizah, K., Susilowati, H., Dzulkarnain, I., & Radianto, D. O. (2023). Pengaruh Medsos Terhadap Kesejahteraan Emosional Remaja. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 2(3), 353–358.

Santoso, G., Adam, A. S., Alwajih, A. A., & others. (2023). Kontribusi dan Internalisasi: Keterampilan Sosial Melalui Bergotong Royong dan Collaboration di SD Kelas VI. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 541–553.

Sari, N., & Nugroho, H. (2023). Strategi Guru BK dalam Pendampingan Siswa Broken Home. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 15(1), 77–89. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jkp/article/view/3292

Syarifah, H., Poli, D. T., Ali, M., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Kapabilitas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan dalam Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 398–407.

Widodo, B. (2021). Pendekatan Konseling untuk Siswa Broken Home di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 33–48. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jpp/article/view/2547

Wulandari, F., & Rahmat, H. K. (2024). Tingkat Resiliensi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Pasca Bencana Erupsi Gunung Semeru Tahun 2021. Contiguity: Jurnal Psikologi, 20(2), 10–19.

Yens, D., Pratama, N., Nur, N. M. M., & Putra, E. (2023). Perkembangan Karakter pada Anak Broken Home di UNUSIA Fakultas Ilmu Sosial. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(5), 1913–1921.

Yurika, R. E., Rahmat, H. K., & Widyastuti, C. (2022, June). Integrasi Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Kurikulum Berbasis Budaya Yogyakarta untuk Membangun Cultural Awareness. National Conference on Educational Science and Counselling, 2(1).

Zulkarnaen, I., & Sembiring, Z. (2021). Pola Asuh Anak dalam Pendidikan Agama dan Kebiasaan. Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 117–122.