Strategi Guru BK Dalam Menangani Kasus Bullying Di Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Rizky Alfi Syahrin
Siti Rohayu
Tiara Dinda Lestari
Windy Audya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru bimbingan dan konseling (BK) dalam menangani kasus bullying di sekolah dasar. Bullying merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif pada perkembangan psikologis dan sosial anak, serta dapat mengganggu proses belajar mengajar. Fenomena ini tidak hanya mempengaruhi korban, tetapi juga pelaku dan lingkungan sekolah secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi guru BK untuk memiliki strategi yang efektif dalam menangani kasus bullying agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi semua siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Data dikumpulkan dari berbagai pihak terkait pendidikan, termasuk guru, siswa, dan orang tua, untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif mengenai situasi bullying di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK perlu menerapkan strategi yang proaktif dan reaktif, termasuk pendidikan karakter, pengembangan keterampilan sosial, dan intervensi yang cepat dan tepat untuk mengatasi masalah bullying yang sudah terjadi. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pencegahan dan penanganan bullying. Guru BK diharapkan dapat menjadi teladan bagi siswa dalam mengembangkan nilai-nilai moral dan etika yang baik, serta memfasilitasi diskusi dan refleksi yang dapat membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi guru BK dan pihak sekolah dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang positif, aman, dan mendukung bagi semua siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Afifah, U. &. (2025). Implementasi Pengembangan Program Kewirausahaan di SMP Mutiara Bunda Bandung. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 46-49.

Aisyah, N, Darmayanti, N. (2024). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Korban perundungan (Bullying) : Kajian Sistematik Rievew. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial.

Amelia, S. &. (2025). Evaluasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Terhadap Siswa. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidkan Islam, 4(1), 40-45.

Amelia, & Dahlan. (2025). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Bullying anak. Jurnal Psikologi Anak, 8(3), 200-210.

br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Erdiyah, E. &. (2025). Peran Guru Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 11-17.

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

Nurdyansyah, N. &. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah.

Nurdyansyah, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem.

Nurdyansyah. (2018). Peran Guru dalam Penanganan Kasus Bullying Di sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 123-135.

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.