Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMA Swasta An-Nadwa Binjai
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam sistem pendidikan nasional yang bertujuan membentuk pribadi peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia dan bertanggung jawab. Sekolah memiliki tanggung jawab besar dalam mendukung pembentukan karakter siswa, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler di SMA Swasta An-Nadwa Binjai berkontribusi terhadap pembentukan karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, dengan mengkaji berbagai literatur, jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler yang terbagi dalam empat kategori utama keagamaan, olahraga, seni-budaya, dan kepemimpinan sosial berperan signifikan dalam membentuk nilai-nilai karakter seperti religiusitas, disiplin, tanggung jawab, kreativitas, dan kepemimpinan. Implementasi kegiatan dilakukan secara terstruktur dengan dukungan pembina yang kompeten, partisipasi aktif siswa, serta fasilitas yang memadai. Kesimpulannya, kegiatan ekstrakurikuler terbukti efektif dalam menunjang pendidikan karakter, meskipun masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan sarana. Oleh karena itu, optimalisasi jadwal, peningkatan fasilitas, dan evaluasi berkelanjutan diperlukan untuk menjaga keberlangsungan dan efektivitas program.
Rincian Artikel
Referensi
Ahmad, R., Sari, D. P., & Wijaya, M. (2021). Karakter dan kepribadian dalam pendidikan: Konsep dasar pembentukan moral siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 145–158.
Ariyanti, R., & Sari, D. P. (2022). Tantangan implementasi kegiatan ekstrakurikuler di era pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(3), 78–89.
Arikunto, S. (2021). Kegiatan ekstrakurikuler sebagai media pengembangan diri siswa. Educational Management Journal, 8(1), 23–35.
Br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI SMA Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Fahlevi, A. R., Nugroho, S., & Pratama, Y. (2021). Integrasi pendidikan karakter dan nilai-nilai agama dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 289–305.
Fitriani, L., & Sari, M. (2022). Sistem evaluasi program ekstrakurikuler berbasis karakter. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(4), 234–247.
Kurniawan, B., Santoso, H., & Widodo, A. (2022). Pengembangan karakter melalui kegiatan pembelajaran di luar kelas. Indonesian Journal of Educational Research, 7(2), 112–127.
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Mubin, F. (2020). Konsep karakter menurut Elfindri: Analisis psikologis dan implementasinya. Jurnal Psikologi Pendidikan, 18(4), 67–82.
Mustari, M. (2023). Kegiatan ekstrakurikuler: Konsep, implementasi, dan evaluasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurhadi, M., Sari, L., & Pratama, D. (2021). Korelasi partisipasi olahraga ekstrakurikuler dengan karakter disiplin siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(3), 203–216.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Satuan Pendidikan.
Pratama, B., & Dewi, R. (2023). Prestasi akademik dan non-akademik melalui program ekstrakurikuler. Jurnal Prestasi Siswa, 7(4), 167–180.
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Rahman, H., & Sari, D. (2023). Efektivitas kegiatan keagamaan dalam meningkatkan karakter religius siswa. Jurnal Studi Keagamaan, 16(3), 145–159.
Rohanah, S., Kartini, D., & Hamdani, A. (2020). Peran strategis sekolah dalam pembentukan karakter siswa melalui program pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(2), 201–216.
Sari, B. S. (2020). Kegiatan ekstrakurikuler sebagai pendukung pembelajaran formal di sekolah menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 85–96.
Sari, P., Rahman, A., & Dewi, L. (2022). Studi longitudinal dampak ekstrakurikuler terhadap perkembangan karakter. Jurnal Penelitian Longitudinal Pendidikan, 15(2), 156–169.
Setiawan, A., & Putri, R. (2022). Dukungan manajemen sekolah dalam program ekstrakurikuler. Jurnal Manajemen Sekolah, 14(1), 67–80.
Setiawan, D. (2021). Pendidikan karakter dalam sistem pendidikan nasional: Implementasi dan tantangan. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(3), 178–192.
Setiyawan, B., & Musthofa, A. (2021). Konsep pendidikan karakter holistik melalui ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Holistik, 13(2), 234–247.
Suryosubroto, B. (2020). Manajemen kegiatan ekstrakurikuler di sekolah: Teori dan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyadi, & Ulfah, M. (2021). Karakter peserta didik: Pembentukan identitas melalui proses pendidikan berkelanjutan. Character Education Journal, 6(2), 234–249.
Tiara Alivia, N., & Sudadi, I. (2023). Tujuan pendidikan karakter dalam konteks pendidikan nasional Indonesia. Jurnal Pendidikan Nasional, 14(1), 45–61.
Zainal, S. A. (2021). Fungsi dan manfaat kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan potensi siswa. Educational Development Journal, 10(3), 156–171.