Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Belajar Anak Usia Dini di PAUD Pelangi Ilmu Tanjung Jati Kabupaten Langkat
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan gadget terhadap kemajuan belajar anak usia dini di PAUD Pelangi Ilmu Tanjung Jati, Kabupaten Langkat. Metode yang diterapkan dalam studi ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan teknik observasi serta wawancara dengan para pendidik dan orang tua, ditambah dengan studi pustaka. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki dampak yang dapat dibedakan menjadi positif dan negatif. Dampak positif mencakup kemudahan dalam mengakses informasi dan media pembelajaran yang interaktif, sementara dampak negatif cenderung lebih kuat, termasuk gangguan pada perkembangan agama dan moral, kognitif, bahasa, sosio-emosional, dan keterampilan seni. Anak-anak berisiko mengalami penurunan dalam konsentrasi, keterampilan sosial yang kurang, dan ketergantungan pada gadget. Hasil observasi menunjukkan bahwa mayoritas anak menggunakan gadget lebih dari dua jam setiap hari, dan beberapa dari mereka tidak mendapatkan pengawasan yang cukup dari orang tua. Karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk terlibat aktif dan mengawasi durasi serta jenis konten yang diakses anak-anak demi mendukung perkembangan pembelajaran yang maksimal selama fase penting dalam pertumbuhan mereka.
Rincian Artikel
Referensi
Adwiah, A. R., & Diana, R. R. (2023). Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2463–2473. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700
Amelia, L. (2023). TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR SISWA KELAS 1 SD. 3(2), 186–193.
Batubara, M., Nasution, M. I. M., Syahrin, T. A., Lubis, M. Y., Nujaima, I., & Husna, A. U. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini, Communnity Development Journal. Communnity Development Journal, 4(4), 7429–7435.
Br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Farida Mayar, R. S. (2021). Pentingnya Mengembangkan Fisik Motorik Anak Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 9769–9775.
Hasanah, U. (2023). Penggunaan Gadget Dan Implikasinya Terhadap Kedisiplinan Belajar Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Lampaseh Kota Banda Aceh(Peran Pengawasan Orang Tua). In Pascasarjana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Ika, Purwijayanti, Abdul Munir, Y. (2021). Implikasi Gadget Terhadap Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Tunas Mekar Kota Palu The. ECEIJ Early Childhood Education Indonesian Journal, 4(2), 40–45.
Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Mahendra, J. P. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 214–219. https://doi.org/10.55047/jrpp.v2i1.362
Mimin, E., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 558–568. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/6462
Nur, T., Holifah, I., Indriani, Z. K., Putri, N., Nurlatifah, M., Dwi, A. R., Darmika, A., Ismawati, R., Muhopilah, P., Psikologi, P. S., & Artikel, R. (2024). PROSIDING SEMINAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN KE-1 ASOSIASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA (APPI) WILAYAH JAWA BARAT Pengaruh Penggunaan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar. 1, 93–96.
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Rahayu Z, S. P., Tri Mutya, M. F., Rahmi, & Muliati, R. (2022). Pengaruh Gadget terhadap Tumbuh Kembang Anak pada Masa Early Childhood. Psyche 165 Journal, 15(4), 140–145. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i4.201
Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379
Rismala, Y., Aguswan, Priyantoro, D. E., & Suryadi. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal?: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(01), 46–55. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273
Sukma, D., & Sari, L. (2025). Hubungan antara penggunaan gadget dengan kualitas tidur anak usia 10-12 tahun di mi raudlatul wildan wedung demak.
Yuda, H. (2023). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget terhadap Kejadian Kelainan Refraksi Mahasiswa Universitas Ma Chung Malang. 1(4), 19–30.