Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Menanggulangi Bullying di MTs Aisyatus Sholihah
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Bimbingan Konseling Islam dalam menanggulangi perilaku bullying di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Bullying merupakan salah satu permasalahan serius yang berdampak pada kesehatan mental dan perkembangan sosial peserta didik. Bimbingan Konseling Islam, dengan pendekatan yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman seperti kasih sayang, empati, dan tanggung jawab moral, berperan penting dalam mencegah dan mengatasi perilaku menyimpang tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bimbingan Konseling Islam mampu membentuk karakter siswa yang lebih baik, meningkatkan kesadaran spiritual, dan menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis. Dengan pendekatan yang holistik, bimbingan ini efektif dalam menurunkan tingkat bullying di lingkungan MTs.
Rincian Artikel
Referensi
br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Bu’ulolo, dkk. 2022. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021.” Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling) 2, no. 1: 53–62. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376
Dewi, Suharti Neng, and Saiful Akhyar Lubis. 2024. “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Emosi Negatif Anak Broken Home Dengan Teknik Modelling Dan Konseling Islami.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 15(1): 19–27. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/view/82220.
Dina, R. (2024). DAMPAK SELF-DISCLOSURE DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN SELF-CONCEPT SISWA KELAS XI SMA SWASTA BINTANG LANGKAT. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Hadi, Syamsul, and Hilyatun Zohriana. 2020. “Penanganan Perilaku Bullying Teman Sebaya Menggunakan Analisis Transaksional Dan Konseling Islam Di Mts Putra Al-Ishlahuddiny.” Al-Tazkiah?: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 9(1): 56–66. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/altazkiah/article/view/2218.
Hamzah,d,(2023). Bentuk dan faktor penyebab bullying: Studi Mengatasi Bullying Di Madrasah Aliyah , Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti.
Jumiati. 2023. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Korban Bullying.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah 8: 1082–89.
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Maulana Yusuf, Gusti, and Muh Nur Rochim Maksum. 2023. “Peran Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Mereduksi Perilaku Bullying Di Smp Al-Islam Kartasura.” Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia 8(September): 112–17.
Nasution, A. (2022). Bimbingan dan Konseling Islam: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Nilasari, S., & Prahastiwi, E. D. (2023). Peran Bimbingan Konseling Islam dalam Meminimalisasi Bullying antar Teman di Lingkungan Sekolah. YASIN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(4), 650–663.
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Putri, R. A., & Santosa, A. (2021). “Bullying di Sekolah dan Implikasinya terhadap Kesehatan Mental Siswa.” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(2), 95-105. [https://doi.org/10.26858/jppk.v7i2.19845](https://doi.org/10.26858/jppk.v7i2.19845)
Sari, Agistia, and Eneng Muslihah. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Kasus Bullying (Studi Di SMK Negeri 2 Dan SMK Negeri 4 Kota Serang Provinsi Banten).” Jurnal Qathruna 7(1): 83–102.
Shaleh, Muhammad, Muh Ilham, Nur Haslin, and Muhammad Syukur Islami. 2025. “Peran Strategis Guru Dalam Penanganan Kasus Bullying Di MTs Attaufiq Padaelo.” 03(03): 171–75.
Surahman, M. H., Muttaqin, Z., & Miharja, S. (2023). Bimbingan Keagamaan Dalam Menangani Problema Bullying Di Kalangan Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 11(2), 112–125
Zahro, I M Fatimah, and Aiman Fikri. 2024. “PERAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGATASI.” (November): 1–9.