Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di TK IT Salimah Binjai

Main Article Content

Arie Dwi Ningsih
Muthoibah Lilis Thozi
Sri Agustina
Hastika Al Asyhari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen lembaga pendidikan anak usia dini di TK IT Salimah Binjai melalui observasi dan wawancara yang dilakukan secara langsung kepada kepala sekolah dan guru. Fokus penelitian meliputi pengelolaan pembelajaran, sumber daya manusia, komunikasi internal, dan hubungan dengan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK IT Salimah Binjai menerapkan sistem manajemen berbasis karakter Islami dengan pendekatan tematik dan observasional yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara harian berdasarkan tema, bukan melalui tes tertulis. Guru dan kepala sekolah menjalin koordinasi yang baik melalui rapat rutin dan kegiatan refleksi tahunan. Komunikasi aktif dengan orang tua dilakukan setiap minggu untuk menyampaikan perkembangan anak. Kegiatan belajar juga dilengkapi dengan aktivitas luar ruang yang mendukung eksplorasi anak. Dengan manajemen yang menyeluruh dan partisipatif, TK IT Salimah Binjai menunjukkan praktik pengelolaan lembaga PAUD yang efektif dan adaptif.

Article Details

Section
Articles

References

Anwar,M,.& Wulandari,R ( 2024 ), Penguat manajemen berbasis sekolah di PAUD untuk peningkatan layanan. Jurnal manajemen pendidikan anak usia dini, 10 ( 1), 15 - 28.

Br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI SMA Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Fadilah,S., & Nuraini, T. (2023). Strategi kepemimpinan kepala sekolah PAUD dalam membangun kolaborasi dengan orang tua. Jurnal kependidikan, 8 (2), 102-113.

Fatimah, A. (2022). Diferensiasi pengajaran di PAUD: Strategi manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 6(3), 70–78.

Hidayati, M. (2021). Outdoor learning dalam meningkatkan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Islam, 8(2), 112–120.

Lestari,D.,& Prasetyo,H. (2024). Implementasi pembelajaran konteksual di PAUD berbasis kurikulum merdeka. Jurnal inovasi pembelajaran anak usia dini, 7 (1), 45-57.

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

Mariani,E.,& Hidayat, R. (2023). Pengaruh pelatihan guru terhadap kualitas pembelajaran di TK. Jurnal pendidikan anak usia dini Nusantara, 5 (2), 89-98.

Muniroh, S. (2023). Keterlibatan orang tua dalam menunjang perkembangan anak usia dini. Jurnal Educhild, 9(1), 34–42.

Nurfadilah, R., & Hasan, R. (2022). Komunikasi internal dalam meningkatkan kinerja guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 55–64.

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.

Putri, D. A. (2021). Strategi pengembangan PAUD berbasis karakter di era Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 75–85.

Ramadhani, S., & Mulyani, E. (2022). Implementasi pendekatan tematik dalam penelitian kualitatif pendidikan. Jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 118–130.

Sari, N. (2023). Manajemen pembelajaran PAUD berbasis tematik di masa Kurikulum Merdeka. Jurnal PAUD Indonesia, 5(2), 88–95.

Surya Putra, W. ., & Wanda, K. . (2023). Management of Islamic religious education learning by utilizing artificial intelligence technology for students of the Islamic Religious Education study program. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 60-74. https://doi.org/10.51700/attadbir.v3i2.862

Suryani, R. (2023). Manajemen pendidikan Islam berbasis nilai: Studi pada lembaga PAUD berbasis Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 9(1), 45–57.

Wahyuni, T. (2023). Disiplin dan etos kerja guru PAUD dalam perspektif manajerial. Manajerial PAUD, 4(1), 25–33.