Peran Konselor Islam Dalam Menangani Kecanduan Game Online Pada Siswa Menengah Atas
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konselor Islam dalam menangani kecanduan game online pada siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini berupaya menjelaskan strategi, pendekatan, dan kontribusi konselor Islam dalam memberikan bimbingan psikologis dan spiritual, serta membantu siswa membentuk karakter religius guna mengatasi perilaku adiktif terhadap game online. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kecanduan game online serta konselor Islam yang bekerja di sekolah menengah atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran konselor Islam sangat signifikan dalam membantu siswa mengurangi kecanduan game online. Pendekatan yang digunakan mencakup aspek psikologis dan spiritual, seperti tazkiyatun nafs, muhasabah, dan bimbingan ibadah. Konselor Islam tidak hanya memberikan konseling moral, tetapi juga menjadi pendamping spiritual dan teladan bagi siswa. Partisipasi orang tua dan guru juga terbukti penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung proses pemulihan siswa.
Article Details
References
Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20. https://doi.org/10.34005/guidance.v17i02.1166
Anggraini, D. (2021). Peran konselor islam dalam menangani trauma akibat inses di lembaga perlindungan perempuan anak dan remaja kota pekalongan.
br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas Xi Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Fadilla, R. N., Putri, S. D., Pratiwi, A., Jadidi, & Sahputra, D. (2023). Peran Guru BK Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pecandu Game Online di SMA Negeri 4 Binjai. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 312–316. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP%0APeran
Hamdani, D. (2020). Remaja dan Media Sosial: Analisis Dampak Negatif Game Online. Jurnal Psikologi Islam, 5(2), 98–110.
Hasan, M. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Digital. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 10(1), 101–115.
Isnn, E.-. (2024). Aflah Consilia?: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 03(1).
Kurnia, R. D., et al. (2023). Peran Guru BK dalam Mengurangi Dampak Game Online pada Peserta Didik di SMA. Jurnal Konseling Pendidikan, 11(2), 112–120.
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Mappaleo, R. (2022). Tanda-Tanda Kecanduan Game Online pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Remaja, 6(1), 88–97.
Mujahid, I., & Sholihin, A. (2020). Konseling Islami dan Pembentukan Karakter Remaja Muslim. Jurnal Bimbingan dan Dakwah, 4(2), 77–88.
Nurul, A., & Wiryo, H. (2021). Teknik Konseling Islam dalam Menangani Perilaku Menyimpang Remaja. Jurnal Dakwah dan Konseling Islam, 4(1), 33–45.
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Putri, S. S., & Ananda Syaviyra. (2022). The Cooperation between Guidance and Counseling Teachers and Subject Teachers in Dealing with Online Game Addiction at State Senior High School 10 Pekanbaru. Annual International Conference on Islamic Education for Students, 1(1), 130–137.
Rizai, M. (2021). Konseling Kelompok Dengan Teknik Biblioterapi Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Anak: Sebuah Kajian Literatur [Group Counseling With Bibliotherapy Techniques To Reduce Online Game Addiction in Children: a Literature Review]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(2), 101–114. https://doi.org/10.59027/jcic.v1i2.79
Tahsinia, J., Hidayat, A. N., Mujaddid, A., & Islam, S. (2024). YANG KECANDUAN GAME ONLINE DI MADRASAH disebabkan oleh teknologi internet atau yang lebih dikenal dengan internet addictive berbagai lembaga kesehatan dan penelitian psikologis , dan dicirikan oleh penggunaan. 5(1), 115–125.Suryani, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Kecanduan Game Online pada Remaja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Karakter, 8(1), 56–68.
Ummah, M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif ,Makassar ; CV. Syakir Media Press.
Wahyuni, E. (2021). Implementasi Konseling Islami untuk Mengurangi Perilaku Adiktif Siswa. Jurnal Konseling Religi, 7(1), 44–52.