Peran Bimbingan Konseling Islami Dalam Pembentukan Karakter Siswa Tingkat SMA

Main Article Content

Sarah Riza M
Selpi Trianda Sari
Yuni Siti Azwari
Sofi Arlina
Rendy Prayoga

Abstract

Penurunan karakter siswa di tingkat SMA menjadi permasalahan yang memerlukan perhatian serius, mengingat masa remaja adalah periode krusial dalam pembentukan kepribadian. Bimbingan konseling Islami hadir sebagai salah satu alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan pendekatan yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an dan Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran bimbingan konseling Islami dalam pembentukan karakter siswa tingkat SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data dikumpulkan dari berbagai literatur seperti jurnal, buku, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan konseling Islami efektif dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam aspek religiusitas, kedisiplinan, tanggung jawab, dan pengendalian diri. Meski demikian, terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu pelatihan, resistensi perubahan perilaku siswa, serta minimnya dukungan keluarga dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, diperlukan keterlibatan seluruh pihak, baik sekolah, keluarga, maupun masyarakat, dalam mendukung implementasi bimbingan konseling Islami secara optimal.

Article Details

Section
Articles

References

Alaby, Muhammad Awin. 2020. “Menumbuhkan Kepribadian Bangsa Yang Berkarakter Pancasila.” Jurnal Pendidikan Terintegrasi 1(1):45–54, hlm 51.

Bagas, Muhammad Ali. 2021. “Islamic Guidance and Counseling in Developing Religious Practice Transgender.” International Journal of Applied Guidance and Counseling 2(2):15–21. doi: 10.26486/ijagc.v2i2.1925.

br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Bimbingan, Pelatihan, Konseling Islam, Dalam Membangun, and Karakter Remaja. 2024. “J . A . I?: Jurnal Abdimas Indonesia.” 2109–18. br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Carolus Borromeus Mulyatno. 2022. “Peranan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakteristik Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4:1349–58.

Casmini, C. 2022. “Islamic Counseling for Era of Society 5.0.” International Conference on Islamic … 2:3–4.

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas Xi Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Hamni, Asyiatul, Fauziah Anum, Syarifa Ainil Mardiah, Zhafira Muflihah, and Hidayani Syam. 2025. “Pengaruh Konseling Islami Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Madrasah Pengamalan Nilai-Nilai Islam Dalam Perilaku Siswa Di Madrasah . Hal Ini Terlihat Dari Rendahnya Intervensi Dalam Upaya Membentuk Karakter Siswa . Pendekatan Tersebut Akan Dilakukan.” 3:103–12.

Humaira, Tri Fajriah, and Yuda Prasetya. 2022. “Analisis Pengaruh Bimbingan Konseling Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Di Sekolah.” Islamic Counseling?: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 6(2):209. doi: 10.29240/jbk.v6i2.4788.

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

Nur, Alam. 2020. “Peran Guru Bk Dalam Mengatasi Penyalahgunaan Media Sosial Pada Siswa Di Kecamatan Walenrang Utara Dan Lamasi.” Jurnal Panrita 1(1):31–40. doi: 10.35906/panrita.v1i1.130.

Perdana, Addin Haris, and Annisa Arrumaisyah Daulay. 2023. “Efektivitas Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Dengan Menggunakan Teknik Hypnocounseling.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(5):2902–9. doi: 10.54371/jiip.v6i5.1959.

Purwanti, Sri, Syahrida Wahyu Utami, and Latifah Latifah. 2022. “Konseling Sebaya Pada Kesehatan Reproduksi Remaja Dalam Komunikasi Interpersonal.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop 2(2):47–55. doi: 10.37304/pandohop.v2i2.5245.

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6

Rony, Rony, and Siti Ainun Jariyah. 2021. “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 1(1):79–100. doi: 10.31538/tijie.v1i1.18.

Sabarrudin, S., Hasan Zaini, I. Irman, Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Pendidikan, Program Pascasarjana, and Uin Mahmud Yunus Batusangkar. 2022. “Konsep Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Surah At-Tahrim Ayat 6 the Concept of Islamic Guidance and Counseling in Surah At-Tahrim Verse 6.” Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam 5(2):155–62.

Sekolah, Di, Menegah Pertama, Ciledug Al, Musaddadiyah Garut, and Adnina Rahayu. 2026. “Implementasi Bimbingan Konseling Islami Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” (c):1–8. doi: 10.37968/masagi.v3i2.690.

Slamet, Fayrus Abadi, and Laila Ummi Nadzifah. 2022. “Peran Guru Bk Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Siswa Di Ma Attaraqqie Kota Malang.” Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4(1):33–41.

Suryani, Ira, Khairuddin Khairuddin, Tarmiji Siregar, and Masringgit Marwiyahh. 2022. “Peranan Bimbingan Konseling Islam Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan 6(1):666–72.