Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler, khususnya kegiatan keagamaan, di sekolah dasar. Pendidikan karakter menjadi krusial dalam membentuk kepribadian siswa sejak dini, dan kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai moral seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler keagamaan seperti marawis mampu menanamkan nilai-nilai Islami dan membentuk sikap religius siswa. Selain meningkatkan keterampilan, kegiatan ini juga melatih kekompakan, kejujuran, dan tanggung jawab. Informan dalam penelitian ini adalah : kepala sekolah, guru pelatih, serta dukungan orang tua. Analisis data dilakukan secara berkelanjutan dan trianggulasi data, yang berarti menggunakan tiga metode sekaligus: observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Trianggulasi pemeriksaan keabsahan data yang didasarkan pada pola pikir fenomenologis multi perspektif. Maksudnya adalah menarik kesimpulan dengan menggunakan berbagai perspektif. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya dan kurangnya pelatihan pembina. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter siswa secara menyeluruh.
Article Details
References
br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Fish, B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah Dasar. 2507(February), 1–9.
Fitria Kautsari Azizah, & Lu’luil Maknun. (2022). Pengembangan Karakter dan Keterampilan peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tadzkirah?: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.133
Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337–1346. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1470
Hariandi, A. (2020). Di Lingkungan Sekolah Dasar. Nur EI-Islam, 7(1), 53–66.
Huruf, A. P., Buah, D. A. N., & Android, B. (2024). Cemara Journal. II(1), 69–75.
Kollo, N., Suyono, S., & Anggraini, A. E. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1447–1451. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3846
Kurniawan, B., Aryaningrum, K., & Selegi, S. F. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Teluk Kijing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 130–138. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.877
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Norlita, D., Nageta, P. W., Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., Fakhriyah, F., & Ismayam. A, E. A. (2023). Systematic Literature Review (Slr)?: Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 209–219. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.743
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Pendidikan, B., & Pembelajaran, P. (2020). Jurnal Kependidikan?: Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar se-Kota Kupang Yulsy Marselina Nitte , Vera Rosalina Bulu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Citra Bangsa Kupang Corresponding Author . Email?: veraros. 6(1), 38–47.
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Rahma, A. M., Kania, A., Tarigan, F., Hidayat, R., Iqomah, R., Hidayat, Y., & Barat, J. (2022). Jurnal murabbi. Jurnal Murabbi, 1(URGENSI MANAJEMEN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM), 1–11.
Rika Widianita, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Tuasalamony, K., Hatuwe, R. S. M., Susiati, Masniati, A., & Marasabessy, R. N. (2020). Pengembangan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Negeri 5 Namlea. Jurnal Pedagogy, 7(2), 81–90. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/608
Umi Sumiati As, & Sofyan Mustoip. (2023). Eksplorasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. EduBase?: Journal of Basic Education, 4(1), 22–28.
Windy Antika, Ratih Ayunda, Wahyuni Amanda Hasibuan, & Monica Gabriela Nainggolan. (2024). Ekstrakurikuler Pramuka Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 202–209. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.3080
Yulia, Y., & Quratul Ain, S. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 22–31. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.574