Penggunaan Konseling Behavior Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SDN 024777

Main Article Content

Nily Khatimah
Yustina Andra
Inzri Wila

Abstract

Konseling individu adalah layanan konseling yang diselenggarakan oleh seorang konselor terhadap seorang konseling yang bertujuan untuk pengentasan masalah. Adapun bentuk kesulitan belajar terbagi atas menghindari dalam mengutarakan pendapat Ketika berdiskusi,tidak teratur dalam kegiatan belajar,masih merasa belum memahami pada saat berdiskusi dalam waktu pembelajaran,kurang percaya diri untuk mengutarakan pendapat yang membuat dampak tersebut menjadi rendah nya prestasi seorang anak didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan konseling behavior dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Kesulitan belajar merupakan permasalahan yang kerap dihadapi oleh siswa dan dapat berdampak negatif terhadap pencapaian akademik.Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling behavior dapat meningkatkan motivasi, kedisiplinan, serta strategi belajar siswa secara signifikan. Dengan demikian, konseling behavior merupakan pendekatan yang efektif dalam membantu siswa mengatasi kesulitan belajar.

Article Details

Section
Articles

References

Atieka,N. (2016),Upaya mengatasi kesulitan belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMPN 2 Sungkai Utara Lampung Utara

br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Corey, G. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th ed.). Boston: Cengage Learning

Diana Marista (2020),Pengaruh konseling behavorial dengan Teknik operant conditioning terhadap permasalahan kesulitan belajar IPS peserta didik kelasa VIII Di SMPN 1bukit kemuning,(Lampung,2020)

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI SMA Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Fatma Sylvia,dkk (2023),Pengaruh konseling behavorial dengan Teknik conditioning terhadap permasalahan kesulitan belajar peserta didik kelas X. Vol.2 nomor 6 ISSN: 2962-4738

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Introduction to Counseling and Guidance (7th ed.). Boston: Pearson Education.

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

Muhammad Satriadi Muratama (2018),Layanan konseling behavoiral Teknik self management untuk meningkatkan disiplin dan tanggung jawab belajar siswa di sekolah (Yogyakarta,2018),Vol.5 nomor 1 ISSN : 2355-7249

Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugai, G., & Simonsen, B. (2012). Positive Behavioral Interventions and Supports: History, Defining Features, and Misconceptions. University of Connecticut Center for Behavioral Education and Research.

Surya Putra, W. ., & Wanda, K. . (2023). Management of Islamic religious education learning by utilizing artificial intelligence technology for students of the Islamic Religious Education study program. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 60-74. https://doi.org/10.51700/attadbir.v3i2.862

Surya, M. (2010). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Wisri,dkk.(2025),Peran guru bimbingan konseling dalam menangani permasalahan siswa di SDN 1 Bode lor,Cirebon,(Cirebon,2025),Vol.1, No.1