Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Manajemen Sekolah Palapa Binjai
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai peran kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen mutu Pendidikan disekolah palapa binjai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kepala sekolah palapa binjai menjadi sampel utama dalam penelitian ini, Teknik reduksi, tringulasi dan Kesimpulan dari data penelitian. Hasil yang diproleh menjelaskan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan berbagi upaya dan telah berperan untuk meningkatkan manajemen mutu Pendidikan disekolah palapa binjai pengelolaan SMP baik terhadap guru, siswa, sarana prasarana dan juga pendukung sekolah lainnya. Kesimpulan dalam penelitian ini peran kepala sekolah sangat penting dan juga pendukung sekolah lainnya. Pendidikan dan peran kepala sekolah telah di lakukan dalam berbagai peran, sebagai edikator, manajer, administrator, supervisor, innovator dan juga motivator.
Article Details
References
Anam, Khoirul. (2017). ’’Peran Kepala Sekolah, Menerapkan Manajemen Mutu di SDN Karangasem 06 Batang’’. Tesis UNY.Yogyakarta.
br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Depdiknas. (2007). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI SMA Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Husnayain, Muhammad, Faizul. (2015). ’’Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan Mutu Sumber Daya guru pada Lembaga Pendidikan islam (Studi Multi Kasus di SDI Surya Buana dan SD Anak Soleh, Malang). Tesis: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Riyanti, Teguh. (2016).’’ Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah melalui kepemimpinan Transformasional.’’Tesis.UIN.Yogyakarta.
Yahya, Muhaimin, Abd. (2013). ‘’Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Tomblo Pao Kecamatan Tombolo Pao,Kabupaten Gowa,Tesis: Universitas Islam Negeri Alaudin,Makasar.