Peran Guru dan Orang Tua Dalam Upaya Membangun Karakter Anak Di SD Khoiru Ummah Binjai

Main Article Content

Seno Lugito
Sri Rahayu
Siti Ardianti Rumanda
Riska Mariska

Abstract

Karakter merupakan aspek fundamental dalam membentuk pribadi yang beriman dan berakhlak mulia. Namun, pada era modern ini, degradasi karakter peserta didik semakin mengkhawatirkan dan berdampak pada penurunan nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter peserta didik, menganalisis peran guru dalam mendidik serta membina karakter peserta didik, dan mengidentifikasi unsur-unsur yang memengaruhi pembentukan karakter berbasis nilai-nilai agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah: Kepala Sekolah, Guru, dan Melakukan PGD dengan siswa. Analisis data dilakukan secara berkelanjutan, sedangkan keabsahan data diperiksa melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum peserta didik di SD Khoiru Ummah Binjai telah menunjukkan karakter yang baik, dan peran guru sangat signifikan dalam pembentukan karakter religius melalui pendekatan keteladanan, pembiasaan, dan penanaman nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Aeni, N. (2017). Pendidikan Karakter antara Teori dan Aplikasi. Bandung: Rizqi Press.

br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Cardenal, M.-E., Diaz-Santana, O.-D., & Gonzalez-Betancor, S.-M. (2024). Teacher-student relationship and teaching styles in primary education. A model of analysis

Darling-Hammond, L. (2021). Engaging Families for High-Quality Learning: A School Leader's Guide. Jossey-Bass.

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas Xi Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Konsep dan Panduan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

Muharram, M. (2024) ‘Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Karakter untuk Membangun Generasi Berakhlak Mulia’, Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36779.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

PSG UNP. (2011). Materi Karakter Cerdas. Padang: Universitas Negeri Padang.

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.

Shalahuddin, M. et al. (2024). Penanaman Nilai Akhlak Berbasis Pendidikan Islam sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 44–53.

Suyanto, S. (2010). Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Tim PSG. 2011. Materi Karakter Cerdas. Padang: UNP