Strategi Guru BK Dalam Mengatasi Perilaku Kedisiplinan Siswa SMA Khansa Khalifah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengatasi perilaku kedisiplinan siswa di SMA Khansa Khalifah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK menerapkan berbagai strategi seperti konseling individu, konseling kelompok, layanan informasi, refleksi diri siswa, serta kolaborasi dengan guru lain dan orang tua. Strategi tersebut dilaksanakan secara sistematis, bersifat humanistik, dan menekankan pada pembinaan karakter serta kesadaran diri siswa. Selain itu, keterlibatan orang tua dan pihak sekolah mendukung keberhasilan strategi tersebut. Temuan menunjukkan adanya peningkatan kesadaran siswa terhadap kedisiplinan dan penurunan jumlah pelanggaran disiplin yang berulang. Dengan demikian, strategi BK yang diterapkan terbukti efektif dalam membina perilaku disiplin siswa di lingkungan sekolah.
Article Details
References
Agustina, N. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Pelanggaran Kedisiplinan Sekolah. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(2).
Alfabeta.
Bayu Prabowo, A., Muntaqo, R., & Irvan Fuadi, S. (2022). STRATEGI PSIKOANALISIS GURU BIMBINGAN KONSELINNG DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI SMA N 1 BATUR BANJARNEGARA (Vol. 1, Issue 3).
br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Fauziah, R., & Rahmat, R. (2020). Strategi Guru BK dalam Mengatasi Masalah Disiplin Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Bimbingan Konseling Terapan, 4(2), 110–118.
Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Islam Di UPT SMA Negeri, S., Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar Abdul Jalil, T., Wahab, R., Wajedi Ma, M., Tikolla Dg Leo Poros Pattallassang, J., & Pattallassang Kabupaten Takalar, K. (2023). REFERENSI | Kajian Manajemen dan Pendidikan Corresponding Author (Vol. 1, Issue 2).
Heri Setiaji, Neneng Mutmainah, R. (2024). Al-Authar Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam. Al-Authar: Jurnal Pendidikan Agama Dan Hukum Islam Strategi, 3(1), 39–56.
Hidayati, S., & Sulaiman, R. (2021). Pendekatan Kolaboratif dalam Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan, 7(1), 33–41.
Lestari, D., & Nugraheni, R. (2022). Implementasi Layanan BK dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 8(1), 45–52.
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, H., & Astuti, W. (2023). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 89–97.
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Risdiantoro, R. (n.d.). Review Literatur: Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di Sekolah.
Safitri Windi Handayani, Rido Kurnianto, Aldo Redho Syam, & Afitria Rizkiana. (2024). Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Pencegahan dan Penanganan Perundungan Siswa di Sekolah. Journal of Theory and Practice in Islamic Guidance and Counseling, 1(2), 106–125. https://doi.org/10.33367/jtpigc.v1i2.6229
Siregar, M. (2021). Strategi Pelayanan BK dalam Menangani Permasalahan Siswa. Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan, 5(1), 67–75.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:
Yulianti, L., & Nora, D. (2022). Strategi Mengatasi Perilaku Indisipner Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 237–245. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i3.160