Strategi dan Peran Guru BK Dalam Mengatasi Prilaku Kedisiplinan Siswa Di SMA IT Khansa Khalifah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengatasi perilaku kedisiplinan siswa di SMA IT Khansa Khalifah. Permasalahan kedisiplinan menjadi tantangan yang sering dihadapi sekolah, terutama dalam membentuk karakter dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru BK serta beberapa siswa yang memiliki permasalahan kedisiplinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK memiliki peran yang signifikan sebagai motivator, konselor, dan pembimbing dalam membantu siswa memahami pentingnya kedisiplinan. Strategi yang digunakan meliputi layanan konseling individu, layanan bimbingan kelompok, serta pendekatan preventif dan kuratif. Selain itu, guru BK juga menjalin kerja sama dengan wali kelas dan orang tua untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perubahan perilaku positif siswa. Kesimpulannya, peran aktif dan strategi yang tepat dari guru BK dapat membantu mengatasi masalah kedisiplinan dan mendorong terciptanya iklim sekolah yang kondusif.
Article Details
References
Abadi, Fayrus, and Slamet Suwandi. 2024. “Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang Volume 6 Nomor 2 Desember 2024 Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMA Sunan Kalijogo Jabung Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang Volume 6 Nomor 2 Desember 2024.” 6:248–57.
Aswat, Hijrawatil et al. 2022. “Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Bentuk Perilaku Bullying Di Lingkungan Sekolah Dasar.” Jurnal BASICEDU 6(5):9105–17.
br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI Sma Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Mulyati, Sri, and Kamaruddin Kamaruddin. 2020. “Peran Guru Dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5(02):172–84. doi: 10.46963/alliqo.v5i02.241.
Naryanto. 2022. “Hitung = 72,002.” 2(1):94–102.
Purwati, and Aiman Faiz. 2023. “Putrihana99,+1032-1041.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5(Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sumber Daya Manusiayang Berkualitas):1032–41.
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Wiraguna, Sidi et al. 2024. “Metode Penelitian Kualitatif Di Era Transformasi Digital Qualitative Research Methods in the Era of Digital Transformation.” Arsitekta?: Jurnal Arsitektur Dan Kota Berkelanjutan 6(01):46–60. doi: 10.47970/arsitekta.v6i01.524.