Peran Dukungan Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik Siswa SD Ar-Rasid

Main Article Content

Putri Maisyarah Batubara
Shofy Widya Sari
Isma Pratiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran dukungan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa di SD Ar-Rasid. Dukungan orangtua merupakan faktor penting dalam proses pendidikan anak, baik secara emosional, instrumental, maupun akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap siswa, orangtua, dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif orangtua dalam mendampingi belajar anak di rumah, memberikan dorongan moral, menyediakan fasilitas belajar, serta menjalin komunikasi yang baik dengan pihak sekolah, secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Siswa yang mendapatkan dukungan orangtua secara konsisten menunjukkan semangat belajar yang tinggi dan prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan siswa yang kurang mendapat perhatian dari orangtua. Temuan ini menegaskan pentingnya sinergi antara keluarga dan sekolah dalam membentuk lingkungan belajar yang positif bagi siswa. Oleh karena itu, perlu adanya program yang mendorong keterlibatan orangtua secara berkelanjutan dalam proses pendidikan anak, guna meningkatkan mutu pembelajaran dan pencapaian akademik siswa di tingkat sekolah dasar.

Article Details

Section
Articles

References

Aini, N., & Widyastuti, A. (2023). Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Coping: Community of Publishing in Psychology, 5(2), 105–112. https://doi.org/10.24843/coping.v5i2.106229

Ana Saputri, Fadhilaturrahmi, Moh. Fauziddin, “Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”, Mimbar PGSD Undiksha Volume 10, Number 3, Tahun 2022, pp. 455-462 P-ISSN : 2614-4727, E-ISSN : 2614-4735

br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.

Citra Ayu, Fitrotul Faizah, Sinta Sukmawati, “PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI TINGKAT SEKOLAH DASAR”, Awwaliyah: Jurnal PGMI, Volume 5 Nomor 2 Tahun 2022 p-ISSN: 2621-5446 e-ISSN: 2656-7296, DOI:https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1114

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dandi Ahmad Santoso, Tarpan Suparman, Anggy Giri Prawiyogi, “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar”, IJPSE: Indonesian Journal of Primary School Education 1 (1), Maret 2022, pp. 135-144, DOI:https://doi.org/10.36805/ijpse.v1i1.58

Dewi, A. P. (2021). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Psikologi Borobudur, 3(1), 58–66. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/767

Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI SMA Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).

Epstein, J. L. (2001). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Boulder, CO: Westview Press.

Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.

McClelland, D. C. (1987). Human motivation. Cambridge: Cambridge University Press.

Murdoko, E.W.H. (2017). Parenting With Leadership: Peran Orang Tua dalam Mengoptimalkan dan Memperdayakan Potensi Anak. Jakarta: Gramedia.

Puja Asmawati Ayu, Ainur Saskia, Amanda Isnaini, Ardina Lestari, “PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK”, Renjana Pendidikan Dasar, Volume 3 Nomor 1 Februari 2023 : hal.54, p-ISSN : 2747-0725 e-ISSN : 2775-7838

Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.

Rajbi, Zuhdi. (2023). Motivasi Belajar Siswa. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Group.

Ristiyani, Y., & Ariyanti, R. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PROSEMNAS LPPM UNISA, 1(1), 79–87. https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/588

Royan Rosyadi, M.Pd, “PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA”, An-Nadah Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Agama Vol. 03 No. 05 (September 2024): hal. 337, e-ISSN: 2964-965X p-ISSN: 2964-9633

Saputri, N. K. M., & Sundari, N. W. (2022). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 49–58. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/36051

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. 6th Edition. Thousand Oaks: SAGE Publications.