Implementasi Metode Stifin Sebagai Alat Pemetaan Minat Dan Bakat Dalam Membentuk Karakter Siswa
Main Article Content
Abstract
Penanaman karakter yang kuat pada siswa menjadi aspek yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Untuk mendukung penanaman karakter tersebut, pemetaan minat dan bakat siswa secara akurat sangat diperlukan agar proses pembinaan karakter berjalan lebih efektif dan personal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode STIFIn (Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, Insting) sebagai alat bantu dalam memetakan minat dan bakat siswa, serta dampaknya terhadap pembentukan karakter. Metode STIFIn didasarkan pada konsep dominan sistem kerja otak yang memberikan gambaran tentang potensi dan kecenderungan individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik library reserch Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode STIFIn mampu mengidentifikasi kecenderungan minat dan bakat siswa secara lebih personal dan objektif, sehingga memudahkan guru dalam memberikan pendekatan pembelajaran dan pembinaan karakter yang lebih sesuai. Dengan pemetaan ini, proses pengembangan karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan kerja sama dapat dibentuk dengan lebih optimal. Oleh karena itu, STIFIn dapat menjadi salah satu alternatif efektif dalam strategi pendidikan berbasis karakter.
Article Details
References
Abidin, Z., & Nasirudin, N. (2021). Pengembangan Bakat dan Minat Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 119–134. https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.50
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini di SD Adiwiyata. Islamika, 2(1), 161–169. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570
br Sitepu, S. P., & Putra, S. (2025). Efforts To Improve Arabic Languege Learning Outcomes Using Audio Visual Based Touchable Grammatical Method. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 7(1), 235-255.
Dina, R. (2024). Dampak Self-Disclosure Di Media Sosial Terhadap Pembentukan Self-Concept Siswa Kelas XI SMA Swasta Bintang Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 13(1).
Fahimi, A., Aji Saputra, M. R., & Suryadi. (2023). Tes Stifin Sebagai Alternatif Pemetaan Potensi Siswa Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka. Sociocouns: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.35719/sjigc.v3i1.95
Hasmaniah, H., Hasibuddin, H., & Rosmiati, R. (2023). Metode sensing, thinking, intuiting, feeling dan insting (STIFIn) dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar alam insan kamil kabupaten Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2). http: pasca-umi.ac.id/indez.php/jeg
Haris, M. (2022). STIFIn sebagai Alat Diagnostik dalam Konseling Individual. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(1), 112–124. ISSN: 2597-9310.
Lickona, T. (2004). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Lubis, M. A., Dina, R., & Putra, S. (2023). Improving the caring character of the school environment through providing group guidance services using discussion techniques. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 10(2), 207-2016.
Putra, S., Simaremare, A., & Dina, R. (2024). The Relationship Between Emotion Regulation And Teacher Work Motivation At Vocational High School. Coution: Journal Counseling and Education, 5(1), 1-6.
Sakinah, N. N., & Sahputra, D. (2023). ANALISIS BAKAT DAN MINAT REMAJA BERDASARKAN HASIL TES STIFIn MEDAN. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 8(1), 39–48.
Samsudin, A., Fatkhullah, F. K., & Sohim, B. (2025). Implementasi Metode Stifin Dalam Optimalisasi Pengembangan Bakat Murni Santri Di Pesantren Muhajirin Bandung. 5, 3414–3421.
Sari, G. M., Islam, U., Sjech, N., Djambek, M. D., Trisno, B., Islam, U., Sjech, N., Djambek, M. D., & Wulandari, W. (2024). Pemanfaatan Tes Stifin Dalam Kegiatan Kependidikan Di Sd It Madani 2 Islamic School Payakumbuh. 4(1), 100–111.
Siti Nurlaila Warohmah, Januar, S. N. (2023). UPAYA PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPN 3 AMPEK ANGKEK KABUPATEN AGAM. IRJE?: JURNAL, 3(1), 768–778.
Wahyuni, S. (2021). Efektivitas STIFIn sebagai Pendekatan dalam Menumbuhkan Kepribadian Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(1), 52–65. ISSN: 2502-9095.
Zulkarnain, I., & Ramadhani, A. (2020). Penerapan Metode STIFIn dalam Pembelajaran untuk Mengetahui Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 217–229. ISSN: 2089-5003.