PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK PADA MATA PELAJARAN PPKn

Authors

  • siti sri rahayu Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • sujarwo Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.422

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Pembentukan Karakter, Mapel PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter anak pada mata pelajaran PPKn kelas IV di SDN 104266 Pematang Sijonam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling total dikarenakan populasi pada penelitian ini hanya 36 orang. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi (rxy) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV di SDN 104266 Pematang Sijonam. Hal ini ditunjukkan thitung > ttabel (25.105 > 1,688) dan p = 0,000. Selanjutnya berdasarkan hasil uji pengaruh variabel nilai R Square sebesar 0,949 (94,9%). Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi, dimana variabel independent (lingkungan sekolah) memiliki pengaruh terhadap variabel dependent (pembentukan karakter) sebesar 94,9%. Sedangkan 5,1 % dipengaruhi oleh faktor lainnya.

References

Ansari, I., & Sujarwo. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tema Hidup Bersih dan Sehat Kelas II SDIT Syifaurrahmah Kecamatan Patumbak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT). 04(2), 273–289.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.

Asih, S, A,P., & Sujarwo. (2022). Hubungan Antara Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 107426 Ujung Rambung. AFoSJ-LAS ( All Fields of Science J-LAS ). 1(1), 44–53.

Aulia, &, Sujarwo. (2022). Pengaruh Model Brainstorming Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Globalisasi Di Kelas Vi Sdn No 105361 Lubuk Cemara Aulia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajran Terpadu (JPPT), 04(01), 94–103.

Azzet, A., M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Aruzz Media.

Butar, A. B. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Tematik Dikelas V SD Negeri 107417 Sei Merah. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(September), 386–398.

Cahyandari, O., D. (2012). Hubunngan Lingkungan Dengan Karakter siswa SMK negeri kelompok teknologi se kota Yogyakarta. jurnal skripsi.

Darmadi. (2016). Optimalisasi Strategi Pembelajaran. Bandung: Guepedia.

Darajat, Zakuyah. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daulay, H., P & Pasa, N. (2016). Pendidikan Karakter. Medan: CV. ManHaji.

Dwi, D. F., & Sujarwo. (2023). Disain Analisis Proses Kognitif dan Pengetahuan pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 86–92. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1041

El-Khanza. (2011). Peranan Sekolah Dalam Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hijjah, N., & Bahri, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. Edu Global Jurnal Penelitian Pendidikan, 01, 24–32.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Arruz Media.

Lestari, N. (2023). Analisis Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Mata Pelajaran Tematik Kelas IV SDIT Darussalam Deli Tua. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan. 06(01), 7853–7857.

Masdar, M., & Lestari, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Kelas Ii Sd. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 16–21. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.239

Misnatun. (2016). Pola Pembentukan Karakter Anak Melalui Pendidikan Ramah Anak Dalam Prespektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. vol. 5, No. 2, hlm. 5.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tentang Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurjannah, S., & Lestari, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Berbasis Problem Based Learning Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Kelas. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan 06(01), 8886–8893.

Niawati, D., & Sujarwo. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD. IRJE?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 2(2), 608–615.

Pertiwi, I. C., & Sujarwo. (2023). Pengembangan Media Monopoli Pada Pembelajaran Tema Benda di Sekitarku Siswa Kelas III SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 163–170.

Putra, S., & Dina, R. (2022). The Effect of Group Counseling Services to Improve Students’ Low Self-Esteem in Senior High School. Altruistik?: Jurnal Konseling Dan Psikologi Pendidikan, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.24114/altruistik.v2i1.34438

Rahmawati, (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap motivasi belajar. Jakarta: UIN.

Sani, R., A & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawati, N., A. (2017). “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentuk Karakter Bangsa”, Volume. 1, No. 1, hlm 348.

Sihan, W., P. (2017). Pengaruh Lingkungan SekolahTerhadap Pembentukan Karakter Siswa Di MAS Miftahussalam Kecamatan Medan Petisah. Skripsi UIN Sumatra Utara, Medan.

Siregar, Y. A., & Sujarwo, S. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Dasar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101783 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 7(1), 69–77. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i1.1356

Sitepu, N. A., & Lestari, N. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD. Journal on Education. 05(04), 17487–17492.

Sofyan, A. (2023). Analisis Rendahnya Tingkat Kehadiran Siswa Selama PTMT pada Siswa di Kelas V UPT. SDN 064037 Kecamatan Medan Tembung. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 02(4), 273–283.

Sudewo, E. (2011). Character Building. Jakarta: Republika Penerbit.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin. (2015). Inovasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Hidakarya Agung.

Utama, B. (2011). “Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani”, Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume. 8, No. 1, hlm 1.

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50

Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65

Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05

Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26

Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470

Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189

Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400

Zein Nasution, T. F., & Lestari, N. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan. 01 (1), 94–104.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

rahayu, siti sri, & sujarwo. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK PADA MATA PELAJARAN PPKn. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 115–126. https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.422