IMPLEMENTASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK KELOMPOK B DI TK TUNAS KUSUMA BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.256Keywords:
kecerdasan ; verbal linguistik ; membaca ; menulisAbstract
Kecerdasan sama halnya dengan perkembangan anak usia dini yang berbeda-beda setiap anaknya. Kecerdasan verbal linguistik adalah kemampuan untuk memahami bahasa dan kata-kata dengan mengekspresikan dan menghargai makna yang kompleks, serta kemampuan untuk dapat menyelesaikan masalah dan mengembangkan sesuatu menggunakan bahasa secara efektif baik lisan maupun tertulis. Kecerdasan verbal linguistik pada anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan cara bernyanyi, bercerita, membaca buku, menulis, dan membuat atau membaca puisi. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengamati dan mengetahui bagiamana penerapan untuk mengembangkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 5-6 tahun atau kelompok B di TK Tunas Kusuma Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi lapangan, penelitian ini juga menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubberman dimana proses proses penyederhanaan data dilakukan melalui 4 tahapan. Hasil pengamatan dan wawancara yang didapatkan saat ke TK Tunas Kusuma adalah implementasi atau penerapan yang dilakukan di TK tersebut untuk mengembangkan kecerdasan verbal linguistik itu dengan membaca secara rutin surat pendek dan hadist-hadist tentang kehidupan sebelum pembelajaran dimulai. Kecerdasan verbal linguistik dapat memberikan keterampilan bersosialisasi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar maupun masyarakat luas.
References
Handayani, I. N. (2022). Stimulasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Melalui Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) untuk Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1656
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Pengembangan Kecerdasan Majemuk. 1, 1–11.
Setyorini, R., Sandi, N. V., & Wibisono, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Melalui Permainan “Gerbong Kata.” Generasi Emas, 1(2), 120. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(2).2565
Moh. Alamsyah, A. (2021). Mengembangkan Kecerdasan Multiple. Musawa, 13(1), 106–133.
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661
UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50
Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65
Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05
Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26
Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470
Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189
Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Befri Rahikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.