PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM IND PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM INDONESIA PADA MASA KEMERDEKAAN
PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM INDONESIA PADA MASA KEMERDEKAAN
DOI:
https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.249Keywords:
Kata Kunci: Religius, Islam, tokohAbstract
Indonesia adalah negara religius, sikap religius tersebut telah dimiliki oleh bangsa ini sejak dahulu. Sebagaimana adanya kepercayaan animisme, kemudian masuknya ajaran Hindu dan Budha yang disusul dengan datangnya ajaran Islam. Proses datangnya Islam di Indonesia menjadi bagian dalam babak sejarah dunia Islam. Pergerakan Islam dan nasionalis senantiasa jalan beriringan dalam pertarungan ideologi mengawal terwujudnya kemerdekaan dari tangan para kolonial. Sehubungan dengan pembentukan negara baru, kalangan muslim menuntut pembentukan sebuah negara Islam sedangkan pada lain pihak kalangan nasionalis dengan tegas melarang setiap penglebihan terhadap simbol-simbol muslim yang dilekatkan pada pembentukan negara baru tersebut. Setelah Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 ditetapkanlah “Ketuhanan Yang Maha Esa” sebagai sila pertama Pancasila. Meskipun kalangan muslim menawarkan konsep berbeda yang disisipkan dalam Piagam Jakarta. Sub- stansi kehadiran sila pertama ini di antara lima sila pada dasar negara merupakan pernyataan aktif. Dalam artian negara dan masyarakat Indonesia mesti proaktif untuk mewujudkan makna pernyataan tersebut. Umat Islam memperjuangkan kemerdekaan dari agresi Belanda yang datang dengan bantuan tentara sekutu un- tuk kembali menjajah Indonesia. Beberapa tokoh Islam menempati posisi penting dalam ranah politik, baik dalam kabinet maupun memimpin perjuangan fisik dan diplomatik (Yatim, 2008: 267).
Kata Kunci: Religius, Islam, tokoh
References
Abd. Rasyid Rahman. Perkembangan Islam Di Indonesia Masa Kemerdekaan (Suatu Kajian Historis). Lensa Budaya, Vol. 12, No 2, Oktober 2017.
Amin Farih, Nahdlatul Ulama (NU) Dan Kontribusinya Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Dan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), (Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan)
Anas, Muhammad. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hamid, A. (2017). Pendidik Profesional. Al Falah, 17(2), 274-285.
B.J. Boland, Pergumulan Islam di Indonesia (Jakarta : Grafiti Preaa, 1985)
Dalfa (2019). Penerapan Metode Stad (Student Team Achievement Division) Pada Pembelajaran Menulis Teks Biografi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2 (4) , 559
Duriana. Islam Di Indonesia Sebelum Kemerdekaan. Dialektina, Vol. 9, No. 2, 2015.
H.J. de Graaf, THG. CH. Pijeaud, Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa, Raja Grafindo Persada,Jakarta,1985
Kemendikbud. (2012). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SD KelasV. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu
Kurniasih, I. & Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesional Pendidik. Yogyakarta: Kata Pena. Mufida,
Nuharini, Dewi. Buku Peserta didik Matematika Pendidikan Matematika untuk kelas V SD/MI. Penerbit: CV Usaha Makmur Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rifanty, Epriliana (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar menggunakan model kooperatif tipe make a match Pada Peserta Didik Kelas Vb Sd Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). 4(2). Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sirojudin. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Hukum Islam.
Sirojudin. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Hukum Islam.
Slavin, Robert.E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media. Suryana, Yudho Ramafrizal. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(4), 134-135.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661
UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50
Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65
Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05
Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26
Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470
Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189
Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400.
Widiastuti, Beti (2022). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik intuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta DidikSekolah. Jurnal Cendekia: Irzum Farihah, Strategi Dakwah Di Tengah Konflik Masyarakat,( ADDIN 2014
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 faza fasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.