Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar AUD
DOI:
https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.242Keywords:
Lingkungan, lingkungan belajar, pendidikan, anakAbstract
Lingkungan berperan dalam mengatur kondisi atau mencegah pertumbuhan karena berada di luar ranah potensi dan kemampuan genetik seseorang. Makhluk hidup, benda mati, dan budaya manusia dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk membantu anak-anak belajar dan terlibat dalam kegiatan belajar secara lebih efektif. Ketika lingkungan digunakan sebagai sumber belajar di taman kanak-kanak, anak-anak dihadapkan pada situasi dan kondisi dunia nyata, seperti pola cuaca, yang membuat pembelajaran mereka lebih otentik dan nyata. Belajar di lingkungan sekitar anak memiliki dampak positif yang besar pada perkembangan kognitif mereka. Anak-anak dapat mengadopsi sikap (afektif) yang mendorong empati, toleransi, dan rasa hormat kepada orang lain di lingkungan sekitar mereka. Melalui pembelajaran di lingkungan, pendidikan semacam itu akan meningkatkan bakat psikomotorik mereka dengan mendorong pandangan sosial pada masyarakat. Dengan berpartisipasi dan mengamati kegiatan, misalnya, anak-anak dapat langsung mengetahui dan merasakan sesuatu. Oleh karena itu, anak-anak yang diajari tentang pendidikan sosial dan kemasyarakatan akan menjadi orang yang bijaksana. Kepribadian semua orang dari semua latar belakang sosial akan dipahami oleh anak-anak. Anak-anak yang memahami hal ini akan melihat keagungan Allah SWT dan tumbuh dalam penghargaan kepada-Nya karena telah menciptakan manusia dengan tradisi sosial yang beragam.
References
Choiri, Moh Miftahul. (2017). UPAYA PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANAK. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, Vol. 8(1).
Ikhsan, A., Sulaiman, S., & Ruslan, R. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di sd negeri 2 teunom aceh jaya. Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Vol. 2(1). Hal. 1-11.
Rahmawati, Umi Nur Afifah. (2020). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MIM PUNDUNGREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jenius: Jurnal of Education Policy and Elementary Education Issues, Vol. 1(1). Hal. 16-25.
Syam, Mohammad Noor. (1984). Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.
Ulum, Irfatul. (2014). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3(2). Hal. 518-523.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, 1 (2), 257-267
Kurniasari. I., Samiati, S., & Heanilah, E.Y. (2018). Penggunaan Media Alam Sekitar dan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4 (1).
Muhammad Efendi (2013). Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran. Di unduh di http://efendi08.blogspot.co.id/2013/03/lingkungan-sebagai-mediapembelajaran.html pada tanggal 8 Juni 2023
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661
UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50
Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65
Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05
Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26
Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470
Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189
Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400.
Ermawati, S., & Hidayat, T. (2017). Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran (Presepsi Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro). Journal Pendidikan Ilmu Sosial, 27 (1), 92-103
Andrianto, D. (2011). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini. Al_Ashlah Journal of Islamic Studies, 1 (1), 1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aida Aqliya Dzakkiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.