Kerukunan Umat Beragama sebagai Landasan Akhlak Generasi Z di Era Digital

Authors

  • Nesta Silvana UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Muhammad Japar Sodiq Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lokhananta Mutiara Rizqia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v4i1.745

Keywords:

Kerukunan, Akhlak, Generasi Z, Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi efektif dalam membangun kerukunan umat beragama sebagai landasan akhlak bagi Generasi Z di era digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi literatur, yang mencakup identifikasi, penilaian, dan sintesis literatur terkait topik pendidikan akhlak dan dampak teknologi terhadap moralitas remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Generasi Z memiliki potensi besar untuk berkontribusi positif, mereka rentan terhadap pengaruh buruk dari lingkungan digital, seperti penurunan nilai-nilai moral akibat interaksi yang lebih mengutamakan gadget dibandingkan hubungan sosial langsung. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pendidikan akhlak yang terintegrasi dengan teknologi digital serta peran aktif orang tua dan guru dalam membimbing Generasi Z untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari.

References

Abdul Mustaqim. (2020). MODERASI BERAGAMA SEBAGAI PARADIGMA RESOLUSI KONFLIK. intitutional repositori.

ABROR, MHD. (2020). MODERASI BERAGAMA DALAM BINGKAI TOLERANSI. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2). https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174

Adillah, N. (2023). Analisis kurangnya penerapan akhlak remaja pada era digital di Desa Rambung Susu Kelurahan Kerasaan 1 Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Habibah, S. (2015). Akhlak dan etika dalam islam. Jurnal pesona dasar, 1(4).

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.

Ibnu Sina. (2021). Konsep Dan Praktik Kerukunan Antar Umat Beragama Di Masyarakat Panongan Tangerang. Skripsi FAKULTAS USHULUDDIN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Mahmud, A. (2020). Akhlak Islam Menurut Ibnu Miskawaih. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 6(1), 84–98.

Muhammad Yasir. (2016). Makna Toleransi Dalam Al-Qur’an. Jurnal Ushuluddin, XXII(2).

RI, D. (1997). Bingkai Teologi Kerukunan Hidup Umat Beragama di Indonesia.

Rohmaniah, S. (2018). Peran Agama Dalam Masyarakat Multikultural. Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 3(01). https://doi.org/10.32332/riayah.v3i01.1178

Samsiah, N. (2024). Hubungan sikap qana’ah dengan kesejahteraan psikologis (Well-bBeing) pada generasi Z: Studi korelasional pada mahasiswa angkatan 2021 Tasawuf dan Psikoterapi UIN sunan gunung djati Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Suryana, T. (2011). Konsep dan aktualisasi kerukunan antar umat beragama. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 127–136.

Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal AKRAB, 10(2). https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i2.290

Syaukani, I. (2008). Kompilasi Kebijakan dan Peraturan Perundang-Undangan Kerukunan Umat Beragama. Jakarta: Puslitbang.

Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1). https://doi.org/10.26638/jfk.553.2099

Yustiani, Y. (2016). KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA KRISTEN DAN ISLAM DI SOE, NUSA TENGGARA TIMUR. Analisa, 15(02). https://doi.org/10.18784/analisa.v15i02.335

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Silvana, N. ., Japar Sodiq, M. ., & Rizqia, L. M. (2025). Kerukunan Umat Beragama sebagai Landasan Akhlak Generasi Z di Era Digital. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 80–88. https://doi.org/10.59342/jgt.v4i1.745

Issue

Section

Articles