Upaya Mengatasi Permasalah Etika Berkomunikasi Guru BK di Lingkungan Sekolah

Authors

  • Rizki Ananda Syafitri Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v3i2.732

Keywords:

Etika Komunikasi, Guru BK

Abstract

Permasalahan etika komunikasi yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling (BK) di lingkungan sekolah dapat mempengaruhi keberhasilan pelayanan BK di sekolah tersebut. Kesalahan komunikasi yang dilakukan guru BK akan memicu persepsi negatif di kalangan siswa dan personel sekolah lainnya, bahwasanya Guru BK sangat identic dengan citra yang negatif. Kesalahan komunikasi yang sering terjadi seperti menggunakan nada suara yang tinggi, membentak dan memarahi siswa. Dengan mengetahui faktor penyebab kesalahan etika berkomunikasi yang sering di lakukan guru BK di sekolah akan membantu guru BK untuk bisa mengatasi permasalahan ini dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Dengan diketahuinya faktor penyebab masalah untuk memperbaiki etika komunikasi antara guru BK dan rekan sejawat, diperlukan pelatihan rutin tentang etika komunikasi dan pengembangan pedoman komunikasi yang jelas. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama profesional dan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih kondusif bagi perkembangan siswa.

References

Anas Iriana, Dkk. (2021). Kolaborasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Uptd SDN 6 Margadadi. Jurnal Universitas Muhammadiyah Cirebon

Eko Sujadi. (2018). Kode Etik Profesi Konseling Serta Permasalahan Dalam Penerapannya. Tarbawi: Jurnal ilmu pendidikan, 14 (2), 69-77

Farozin, dkk. (2020) Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Al-Tazkiah, 9 (2) 160-161.

Hotmauli, M. (2021). Penerapan Kode Etik Konseling Oleh Guru Bimbingan dan Konseling Non BK. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 605-611.

Nurmaulidya, A., Nurbaeti, & Marjo, H. K. (2021). Pengetahuan Konselor dalam Etika Professional Pada Konseling Setting Komunitas. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 53-63.

Nuzliah, & Siswanto, I. (2019). Standarisasi Kode Etik Profesi Bimbingan dan Konseling. JURNAL EDUKASI: Bimbingan dan Konseling, 64-75. Rahmawati, N R, dkk (2020). Bentuk Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling Dengan Guru Mata Pelajaran Dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik. At-Tazkiah. 9 (2) 155-172.

Sandra, R., & Ifdil, I. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 80–85. Suryani, R., dkk (2023). Kompetensi Guru BK SMA Negeri 10 Medan dalam Memahami Kode Etik Profesionalisme Seorang Guru Bimbingan dan Konseling. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 286-292.

Suryani, Dkk. (2023). Systematic Literature Review (Slr) : Pelatihan Dan Pengembangan Manusia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sains. 363-370 Syukur, A., & Zahri, N. (2019). Kompetensi Sosial Guru BK. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(6), 212-225.

Timothius, J C (2016) Peranan Komunikasi Interpersonal Antara Guru Bimbingan Konseling (BK) Dengan Siswa dalam Menangani Kenakalan Siswa (Studi Kasus di SMP Kristen 2 Salatiga). Jurnal Interaksi. 5 (1) 7-15.

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Syafitri, R. A. (2024). Upaya Mengatasi Permasalah Etika Berkomunikasi Guru BK di Lingkungan Sekolah. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 207–214. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i2.732