Internalisasi Model-Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Mufradat

Authors

  • Ayub Al-Fikri universitas islam negeri sumatera utara

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v3i2.587

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model-model pembelajaran bahasa arab dalam pembelajaran mufradat. Belajar bahasa Arab dapat meningkatkan pemahaman antar budaya dan membina hubungan antar komunitas yang berbeda. Sebagai bahasa yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, bahasa Arab berfungsi sebagai jembatan antara beragam budaya dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan karya akademis ini adalah metode penelitian kepustakaan yang mengambil pendekatan pemecahan masalah yang mencakup metode analitis. Metode penelitian perpustakaan merupakan jenis penelitian yang mengumpulkan data penelitian dari perpustakaan dan menggunakan dunia teks sebagai bahan analisis utama. Hasil dari penelitian ini adalah model pengajaran dan pembelajaran Bahasa Arab memainkan peran penting dalam meningkatkan kemahiran berbahasa dan mendorong pemahaman lintas budaya. Pendidik dan pelajar dapat mengambil manfaat dari mengintegrasikan model-model ini ke dalam program pembelajaran bahasa mereka untuk memastikan pemerolehan bahasa yang efektif dan menarik. Terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat di lakukan diantaranya model pengajaran Bahasa Arab yang menonjol adalah pendekatan langsung atau Pengajaran Bahasa Komunikatif (CLT). Model pembelajaran berbasis permainan Dalam sistem pendidikan, realitas pembelajaran saat ini memerlukan kreativitas dan inovasi. Model Total Physical Response (TPR) juga digunakan dalam pengajaran Bahasa Arab, khususnya untuk pemula. Model ini menekankan pada keterkaitan kata-kata dengan tindakan fisik Model yang digunakan dalam metode membaca pada dasarnya sama dengan yang dikembangkan pada metode-metode sebelumnya. Mirip dengan metode penerjemahan Kawaid, tidak ada larangan menggunakan bahasa.

References

Ibnu Ayad, N. (2018). Pentingnya Belajar Bahasa Arab. Jurnal Pengajaran Bahasa Arab, 1(1), 45-56.

Andri Eka Setyawan, Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah dalam El-

Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol. II No. 1 Tahun 2021 Sembodo Ardi Widodo. Model - Model Pembelajaran Bahasa Arab dalam AL'ARABIYAH, Vol. 2, No. 2 Januari 2006

Effendi, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Penerbit Misykat, 2005.

Dian Ekawati. PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB:

TEORI, KONSEP, DAN IMPLEMENTASI dalam AN Vol. 24, No. 1.

Sani, Ridwan Abdullah. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2022.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Wekke, Ismail Suardi. Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah. Yogyakarta:

Deepublish, 2018

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Al-Fikri, A. (2024). Internalisasi Model-Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Mufradat . Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 134–142. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i2.587