Konsep Pemikiran KH Ahmad Dahlan dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.59342/jgt.v4i1.571Keywords:
KH Ahmad Dahlan, Pemikiran, Pendidikan IslamAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana konsep
pemikiran Ahmad Dahlan dalam Pendidikan Islam. Pengumpulan data yang
dilakukan dalam penelitian ini dengan cara mengumpulkan data yang berkaitan
dengan konsep pemikiran KH Ahmad Dahlan yang di ambil dari beberapa Jurnal.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu konsep pemikiran KH Ahmad Dahlan dalam
pendidikan Islam yaitu mengutamakan pendidikan Akhlak, Pendidikan Individu,
dan pendidikan Masyarakat. KH Ahmad Dahlan memiliki peran yang sangat
penting dalam kemajuan pendidikan Indonesia, ia seorang tokoh pendiri
Muhammadiyah. Dalam pendidikan Islam KH Ahmad Dahlan melakukan Tajdid
(pembaharuan). Sebagai kontekstualisasi konsep pendidikan yang sudah ada,
dengan mengembangkan konsep pendidikan Islam. tetapi konsep ini tidak keluar
dari landasan dasar pendidikan Islam itu sendiri. Konsep pendidikan yang
dilakukan KH Ahmad Dahlan yaitu konsep pendidikan dengan model integral.
Beliau memadukan pendidikan sekular dan pendidikan agama, ia tidak melakukan
dikotomi ilmu agama dengan ilmu umum, tetapi beliau menggabungkan anatara
keduanya, tetapi prinsip dasar dalam ilmu agama tetap berlandaskan pada al-Qur’an dan Sunnah. KH Ahmad Dahlan mendirikan sekolah pertama yaitu sekolah dasar yang dimulai dengan pengajian. Ini pertama kalinya pendidikan
dilaksanakan dengan cara menggabungkan gaya pengajaran pesantren dengan
sistem sekolah Barat. KH Ahmad Dahlan mendirikan sebuah pemerintahan agama
yang meniru madrasah, di samping sekolah.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Astri Hukmayati Okastina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.