Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMPN 54 Bandung

Authors

  • Azizah Uswatun Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wahyu Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v3i2.567

Keywords:

Nilai-Nilai, Kewirausahaan, Proyek

Abstract

Tingkat pengangguran yang tinggi di Indonesia perlu dihadapi secara bersama-sama terlebih adanya pandemic covid-19 yang menambah dampak signifikan terhadap lapangan pekerjaan khususnya di Indonesia. Salah satu solusinya dengan penanaman nilai-nilai kewirausahaan di kalangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan alat pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan dan penjualan jamu dapat menjadi metode yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada siswa.

Kata Kunci: Nilai-Nilai, Kewirausahaan, Proyek

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Rahman, N., & Zulfa Riani, N. (2023). Analisis Pengangguran Terbuka di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan (JKEP), 5(3), 160-174.

Bistari, Aunurrahman, Sulistyarini, Gafur, S., Maryuni, S., Herawati, H., . . . Anwar, H. (2021). Buku Pedoman Metode Berbasis Proyek. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Handayani, H. (2012). Implementasi Program Pendidikan Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hasanah, N. I. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Di TK Khalifah Banjarmasin. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 159-168.

Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelejaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 14(1), 308-217.

Hilmi, M., Djono, & Ediyono, S. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak Kabupaten Sragen Tahun 2023. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 172-179. doi:https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.901

Iskandar. (2022). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Kuningan: PT. Edukati Inti Cemerlang.

Isrotun, U. (2022). Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Semnastekmu: Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu, 2(2), 1-10.

Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 228-240.

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150-168.

Maesaroh, S. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(2), 1-15.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajran. FITRAH : Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media.

Rachman, F. (2018). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Al-Wijdan: Journal of Islamic Education Studies, 3(2), 160-174.

Rokhmawati, Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik). Joedu: Journal of Basic Eduaction, 1(2), 47-62.

Sari, R., & Hasanah, M. (2022). Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: K-Media.

Sukirman. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 113-132.

Syifauzakia. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Tunas Siliwangi, 2(1), 92-113.

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Uswatun Hasanah, A., & Hidayat, W. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMPN 54 Bandung. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 170–181. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i2.567