ANALISIS KARAKTERISTIK DAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SEKOLAH SLB- B YPAC BANDA ACEH

Authors

  • arnida zulpan keluarga

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v3i2.540

Keywords:

Aktivitaskreativitastunarungu

Abstract

Anak tunarungu menunjukan kesulitan mendengar dari katagori ringan
sampai berat, di golongkan kedalam kurang dengar dan tuli. Tunarungu
memerlukan media pembelajaran dengan menunjukan foto-foto dan video untuk
memperkaya kosa kata bahasa isyarat dalam aktivitas pembelajaran. Karakteristik
anak tunarungu dari segi fisik tidak memiliki karakteristik yang khas, karena secara
fisik anak tunarungu tidak mengalami gangguan yang terlihat. aktivitas belajar
anak tunarungu dapat sangat bervariasi tergantung pada tingkat pendengarannya
dan kemampuan belajar anak, serta lingkungan mereka. karakteristik pada anak
berkebutuhan khusus seperti tunarungu ialah memiliki kesulitan dalam komunikasi
tetapi seringkali memiliki kemampuan komunikasi visual yang kuat, seperti Bahasa
isyarat, dalam pembelajaran mereka juga memerlukan bantuan dalam belajar.
Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif yang menggunakan metode
observasi dan wawancara yang dilakukan di sekolah, penulis mengambil 9
populasi dan 5 sampel yang bersekolah di salah satu SLB yang ada di Banda Aceh
yang mengidap tunarugu. subjek yang di amati ada 5 orang anak yang mengalami
kelaianan tunarungu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
karakteristik anak tunarungu dalam proses pembelajaran di sekolah SLB-B YPAC
Banda Aceh.

Kata Kunci: aktivitas; karakteristik; Tunarungu

References

Aprianti Lidya Dwi, Fatma Sari Diyah,dkk. 2023. Multi Media Interaktif Kesehatan Gigi Anak

Tunarungu Dengan Bahasa Isyarat Berbasis Android.NEM.

Hasmayati Etty, Model Komunikasi Orang Tua Tunarungu Yang Memiliki Anak Mendengar,

02. (2016)

Khairun Nisa. 2018. Karakteristik dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Vol 2 no 1

Nafisah Durrotun Aisyah, dkk. 2022. Inklusi Dalam PAUD; Teori dan Praktik. Cipta Media

Nusantara (CMN); Surabaya.

Purwowibowo, Hendrijanto Kris, dkk. 2019. Mengenal Pembelajaran Komunikasi Total

Bagi Anak Tunarungu. Pandifa Buku; Yogyakarta.

Putri Syah Shara, dkk, Dukungan Sosial Orangtua Anak Tunarungu Usia 11 Tahun Di SDN

Perwira Kota Bogor, Jurnal Pendidikan Indonesia, 03. 1 (2019) 22.

Restian Arina. 2017. Pembelajaran Seni Tari di Indonesia. Universitas Muhammadiyah

Malang; Malang.

Sabrina Azzahra, Dea Mustika, proses Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus

TunaRunu di SD IPYLPI Pekan Baru, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia,

2. (2023) 202-2010

Suparno, Intervensi pedagogis Kelainan Berbahasa Pada Anak TunaRungu, Jurnal

Pendidikan Khusus, 01.3.(2007) 15

Susetyo budi, Homdijah oom siti,dkk. 2023. Standarisasi Instrumen Tes Hasil Belajar IPA

Untuk mengukur kognitif siswa tunarungu. Uwais Ispirasi Indonesia; Jawa Timur.

Saptadi Suswanto Tri Norbertus, dkk. 2023. Pendidikan Inklusif. PT SADA KURNIA

PUSTAKA; Serang Banten.

Siregar Safera Dilla, dkk, Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Matematika

Ular Tangga Untuk Siswa Tunarungu, Jurnal Pendidikan Matematika, 07, 02

(2023) 1925.

Tating Nuraeni,dkk , Bagaimanakah Proses Belajar Anak Tunarungu dan Anak Autisme

Studi Kasus di Salah Satu SLB di Indramayu 01.11 (2020) 136-137

Vivi Noviaturrahmah, Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya, 01.6 (2018),

-6

Wasliyah Nurul. 2019. Peningkatan Keterampilan Vokasional Melalui Pembelajaran Budi

Daya Tanaman Sayuaran Menggunakan Teknik Hidroponik Dengan Botol Bekas

Bagi Tunarungu Kelas xii SMALB di SLB N 2 Bantul. Omera Pustaka; Jawa

Tengah

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

zulpan, arnida. (2024). ANALISIS KARAKTERISTIK DAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SEKOLAH SLB- B YPAC BANDA ACEH. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i2.540