Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa (Studi Kasus SD Negeri 0118 Sibhuan Julu)
DOI:
https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.536Keywords:
lingkungan sekolah, pembentukan karakter siswaAbstract
Lingkungan merupakan salah satu unsur yang dapat mempengaruhi karakter siswa. Lingkungan yang kurang baik akan dapat merusak karakter anak. Dari masalah tersebut akan dibahas seberapa besar pengaruh lingkungan terhadap karakter siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen dengan model desain penelitian one group pretes-posttes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas IV SD Negeri 0118 Sibuhuan Julu. dan sampel penelitian ini ditentukan secara populasi yaitu adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 0118 Sibuhuan Julu yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan Angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Nilai rata-rata angket lingkungan sekolah adalah 53,35 dan nilai rata-rata pada angket pembentukan karakter sebesar 59,85. Berdasarkan hasil uji linieritas yang dilakukan dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung diperoleh sebesar 2,55, sedangkan nilai Ftabel dengan dk pembilang 1, dan dk penyebut = n-2 = 20-2 =18 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 sebesar 4,,41. Jadi diperoleh Fhitung < Ftabel atau 2,55 < 4,41, maka dapat disimpulkan terdapat Hubungan lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di kelas IV SD Negeri 0118 Sibuhuan Julu. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan rumus uji t diproleh bahwa thitung = 5,83 dengan taraf signifikansi 0,05 dengan drajat kebebasan df (n-1) = 20-1= 19, sehingga diperoleh ttabel = 1,743. Hasil perhitungan diproleh thitung > ttabel yaitu 5,83 > 1,743, maka H0 ditolak atau Ha diterima, artinya terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di kelas IV SD Negeri 0118 Sibuhuan Julu.
References
Aditya, Riza Nur, Sudji Munadi. (2019). “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi.” Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin 7 (1): 65–72..
Connie Chairunnisa dkk. (2019). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama. Bogor: Penerbit Mitra Wacana Media.
Dakir. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif,. 1st ed. Bandung: CV Yrama Widya.
Faizah, Nurul. (2019). “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah Di SMA Negeri 2 Klaten.” Prosiding Seminar Nasional PEP 2019 1 (1).
FAJRI, ZAENOL.( 2019). “Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Sd/ Mi.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 7 (2). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.477.
Imron, Ali. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sofyan Mustoip, Muhammad Japar & Zulela. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Sukadari. (2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Sukmadinata, Nana Syaodin. (2016). Landasan Psikosologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Thomas, Lickona. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zubaedi. 2020. Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 wardati khumairah rusdi, era mutiah, nur hikmah pohan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.