Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Penguasaan Kosa Kata Anak Tunarungu Sekolah Dasar

Authors

  • Nabila Priyanka Chafsoh UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.477

Keywords:

Tunarungu, Kosakata, Total Physical Response

Abstract

Anak tunarungu mempunyai hambatan dalam pendengaran, sehingga anak tersebut tidak bisa mendengar bunyi dengan jelas, bahkan tidak bisa mendengar sama sekali. Adapun kekurangan dalam penguasaan kosakata pada anak tunarungu, disebabkan kesulitan dalam mendengar dan kurangnya informasi dari pendengarannya. Metode TPR yakni sebuah metode pengajaran bahasa yang mengutamakan pada keterlibatan fisik peserta didik sebagai respon terhadap instruksi verbal. Kajian ini difokuskan untuk mendeskripsikan pemanfaatan metode TPR dalam penguasaan kosakata dan dampak penguasaan kosakata yang dimiliki oleh peserta didik tunarungu. Metode yang dipilih pada kajian ini dengan cara kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian melalui tulisan yang berasal dari data dan fakta yang terjadi di lapangan untuk mendeskripsikan suatu objek, fenomena, dan situasi sosial dalam bentuk kata-kata dan visual. Tidak hanya itu, teknik penghimpunan informasi yang digunakan dalam penelitian mencakup wawancara, observasi, beserta dokumentasi. Lokasi yang dipilih pada penelitian di SDN III Margorejo Surabaya. Hasil dari penelitian ini bahwa pemanfaatan metode TPR diketahui lebih optimal digunakan guru ketika berinteraksi dengan peserta didik di luar kelas. Selain itu, guru lebih kreatif dengan metode TPR, yang mana tidak terpaku pada satu materi. Dengan itu, metode TPR yang diaplikasikan di lingkungan sekolah dapat mengakibatkan peserta didik tunarungu lebih mudah memahami bahasa target yang sedang dipelajari.

References

Anggraini, R. D., Khotimah, N., Ningrum, M. A., & Widayanti, M. D. (2023). Penggunaan Metode TPR (Total Physical Response) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kumon Green Garden Gresik. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 88–99. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i1.1520

Ariska, A. R. (2020). Efektivitas Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Arab Pada Maharah Qira’ah Untuk Siswa Madrasah Ibtida’iyah. International Conference of Students on Arabic Language, 49–60. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/605

Astutik, Y., & Aulina, C. N. (2017). Metode total physical response (TPR) pada pengajaran bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak. Metode Total Physical Response (TPR) Pada Pengajaran Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2), 9–23. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Yuli-Astutik/publication/324011209_METODE_TOTAL_PHYSICAL_RESPONSE_TPR_PADA_PENGAJARAN_BAHASA_INGGRIS_SISWA_TAMAN_KANAK-KANAK/links/5d11f345299bf1547c7cae54/METODE-TOTAL-PHYSICAL-RESPONSE-TPR-PADA-PENGAJARAN-BAHASA-INGGRIS-SISWA-TAMAN-KANAK-KANAK.pdf

Carolina, Y., & Hermawan, B. (2021). Keefektifan Penerapan Metode Total Physical Response Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Kelas 3D Di SD X Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 1–9. Retrieved from https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/sniter/article/download/334/308

Ekawati, A. D. (2020). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) dalam Pengajaran Bahasa Inggris di TK. Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Di TK, 11(1), 71–73. Retrieved from https://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/3585

Faradilla, I. T. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Benda Menggunakan Media Scramble Untuk Anak Tunarungu Kelas II SD di SLB 2 Bantul. Jurnal Widia Ortho Didaktika, 7(6), 590–600. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/download/12272/11824

Hanifah, U. (2018). Pengembangan Literasi Berbicara Bahasa Arab (Mah?rat Al-Kal?m) Di Madrasah Ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 206–226. Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/viewFile/4383/2852

Harry, S., Bunga, B. N., & Kiling, I. Y. (2015). Perkembangan sosial pada anak tunarungu yang belum bersekolah. Jurnal Transformasi Edukasi, 4(1), 1–7. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Indra-Kiling/publication/324006911_Perkembangan_sosial_pada_anak_tunarungu_yang_belum_bersekolah/links/5b04dd78a6fdccf9e4f86ac0/Perkembangan-sosial-pada-anak-tunarungu-yang-belum-bersekolah.pdf

Hibana, Hafizhatul Munawwarah, M. (2022). Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5454–5462. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2989

Juherna, E., Purwanti, E., Melawati, M., & Utami, Y. S. (2020). Erna Juherna, Endah Purwanti, Melawati Melawati, Yuni Sri Utami. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4(1), 12–19. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1809

Karyati, A. (2018). Metode pengajaran TPR dalam pembelajaran matakuliah “tatabahasa/bunpou.” Jurnal Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 24(1). https://doi.org/10.33751/wahana.v24i1.891

Nadratanna’im, S. (2023). Peran Guru Pendamping Khusus Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sd Muhammadiyah 5 Jakarta (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73648

Nofiaturrahmah, F. (2018). Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya. QUALITY: Journal of Empirical Research In Islamic Education, 6(1), 1–15. Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/5744

Nugraheni, N. E., & Kristian, L. D. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Keterampilan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Lingua Applicata, 2(1), 60–76. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1723793&val=17503&title=Penerapan Metode Total Physical Response TPR untuk Meningkatkan Keterampilan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Tunagrahita

Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 9(2), 95–106. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/49037

Sajali, M., Rachman, A., & Mirnawati, M. (2021). Problematika Guru Pembimbing Khusus dalam Melakukan Pendampingan Pada ABK di SDN Gadang 2 Banjarmasin. Jurnal Disabilitas April, 1(1), 1–4. Retrieved from http://103.23.232.123/index.php/jd/article/view/34

Salma, H. D., Byandra, H. A., Saraswati, W., & Budiarti, S. M. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dala Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengandian Kepada Msyarakat (JPPM), 2(3), 473–483. Retrieved from http://journal.unpad.ac.id/jppm/article/view/37833/pdf

Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Shandy, N. (2017). Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu Tk/Kb. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(3), 1–14. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/19799

Singh, J. P. (2013). Efektivitas Respons Fisik Total. Suara Akademik Jurnal Multidisiplin, 1(1), 20–22.

Ummah, S. (2015). Penerapan Metode TPR (Total Physical Response) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris PAUD. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia DIni, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1816

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

Wahyuni, S. (2018). Perkembangan Anak Disabilitas (Anak Tunarungu Belajar Melalui Metode Oral). TRIBAKTI Jurnal Pemikiran Islam, 29(1), 122–134. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i1.570

Winarsih, M. (2010). Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu. Perspektif Ilmu Pendidikan. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 22, 103–113. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/259558-pembelajaran-bahasa-bagi-anak-tunarungu-c5c61a6a.pdf

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Nabila Priyanka Chafsoh. (2024). Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Penguasaan Kosa Kata Anak Tunarungu Sekolah Dasar. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 65–80. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.477