Analisis Kebutuhan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Besi.

Authors

  • Rendy Program Studi Pendidikan Agama Islam, FTIK IAIN Palangka Raya.
  • Renaldy Program Studi Pendidikan Agama Islam, FTIK IAIN Palangka Raya.

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.459

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Media, Pengembangan, Peserta Didik, Video Pembelajaran

Abstract

Menurut hasil analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 1 Kota Besi pada peserta didik kelas VII tentang analisis kebutuhan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran PAI yang dibagikan melalui Angket Kebutuhan Analisis, data menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII sangat tertarik dan menyukai pembelajaran PAI berbasis video. Namun, ini jarang terjadi karena hanya sedikit materi PAI yang dibahas melalui video pembelajaran, dan kebanyakan materi dibahas melalui ceramah dan diskusi.Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan R&D (Research and Development) yang digunakan dalam metode penelitian ini pada penlitian ini merupakan model 4-D yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate.(Danuri & Maisaroh, 2019). Metode penelitian dan pengembangan (R&D) adalah proses ilmiah untuk meneliti, merancang, membuat, dan menguji validitas produk yang telah dibuat. Respon pesrta didik pengunaan video pembelajaran PAI dapat memotivasi Ditinjau dari 20 respon peserta didik yang dimana diantarnya 75% memilih menjawab memotivasi dengan alasan dengan adanya video memiliki penjelasan dan ilustrasi yang bagus membuat semangatDalam penelitian ini, peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Besi diberi Angket Kebutuhan Analitik Google Formulir secara online untuk menentukan apakah mereka membutuhkan media audio visual yang didasarkan pada video pembelajaran PAI. Ditinjau dari 20 tanggapan peserta didik, 75% dari mereka menjawab bahwa memanfaatkan video karena memiliki penjelasan yang menarik.

Kata Kunci : Analisis Kebutuhan; Media; Pengembangan; Peserta Didik; Video Pembelajaran

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Ani, C. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR. In Laksita Indonesia (Vol. 53, Issue 9).

Anwar, C., Rahman, A. A., & Fitri, A. A. (2022). … Video Pembelajaran Berbasis Youtube Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Mereka pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMPN 3 Bandung. … Djati Conference Series, 10, 299–308. http://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1032

Azis, R. (2019). Hakikat & Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 292–300.

Budiman, R. D. A., Liwayanti, U., & Arpan, M. (2022). Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran berbasis Android Materi Ilmu Akidah. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 31–38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5087

Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi penelitian. In Samudra Biru. http://repository.upy.ac.id/2283/1/METOPEN PENDIDIKAN-DANURI.pdf

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039

Eliwatis, E., & Sabarullah, S. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi Wondershare Filmora. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 25. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3319

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab?: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Hamidi, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 109–130. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-07

Haryati, S. (2012). Research And Development( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Jailani, M. sahran. (2017). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidi-kan Agama Islam (PAI)). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 175–192. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1284

Lubis, M. (2014). PENGGUNAAN APLIKASI DARING (DALAM JARINGAN) DAN PERMASALAHANNYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP SWASTA WASHLIYANI MEDAN LABUHAN Masruroh. NBER Working Papers, 9(2), 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Millah, Z. (2022). Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. IAIN Ponorogo (Skripsi).

Pratama, M. R., Zulhaini, Z., & Mailani, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Pada Materi Pai Dan Budi Pekerti Kelas Vii Smpn 1 Teluk Kuantan. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 2(2), 8–17.

Ramli, R. (2023). EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE RESITASI VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE MASA PANDEMI COVID-19 (The. 01(2), 1–23.

Soraya, S. Z., & Sukmawati, Y. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Video di SMPN 1 Balong Ponorogo. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 34–42. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6920

Syafi, I., Azhari, I., Novita Sari, L., & Puspita, N. (2023). Analisis Dan Evaluasi Media E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Generasi Tarbiyah?: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 143–150. https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/jgt

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

Waluyo, B. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ICT. July, 1–23.

Wardana & Ahdar Djamaluddin. (2021). Belajar dan Pembelajaran Teori, Desain, Model Pembelajaran dan Prestasi Belajar.

Zanahari, F. S. (2022). … )... Pengaruh Penggunaan Google Form sebagai Media Pembelajaran Daring dan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan …. http://etheses.iainponorogo.ac.id/19641/

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Adrian, R., & Akbar, R. (2024). Analisis Kebutuhan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Besi. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 81–94. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.459