Tafsir Tematik Ayat-Ayat Tarbiyah Subjek Pendidikan Menurut Penafsiran Ibnu Katsir

Authors

  • D. Zahra AS. FM STIQ Assyifa Subang

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v4i1.446

Keywords:

Maudhu'i, Tarbiyah, Ibnu Katsir

Abstract

Abstract
The success of an education greatly depends on the role of the educator. An educator, whether in the form of a teacher or a parent, plays a crucial role in imparting knowledge and ensuring that students comprehend the presented material. The concept of the educator has been defined in the Quran, emphasizing that education is not confined to formal schooling. It is essential for Muslims to recognize that the ultimate source of education is Allah SWT and Prophet Muhammad Saw, as outlined in the Quran. In the contemporary digital age, educators are expected to possess skills that align with the evolving times. This necessitates highly qualified educational figures. Failing to adapt to these changes can result in a significant loss. An effective educator is tasked with nurturing a generation capable of aligning with divine teachings while adapting to the demands of the present era. Consequently, the success of educators is measured by the quality of students they produce.

Abstrak
Peran subjek pendidikan memiliki dampak besar pada kesuksesan suatu proses pendidikan. Seorang pendidik, yang bisa berupa guru atau orang tua, memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan materi secara efektif sehingga dapat dipahami oleh peserta didik atau objek pendidikan. Al-Qur'an mengatur peran subjek pendidikan, menegaskan bahwa pendidikan tidak terbatas pada lingkup sekolah, melibatkan juga peran orang tua. Dalam perspektif Islam, subjek pendidikan sejati adalah Allah SWT dan Nabi Muhammad Saw, sesuai dengan ajaran Al-Qur'an. Di era digital ini, seorang pendidik dihadapkan pada tuntutan untuk memiliki keterampilan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Adaptasi terhadap perubahan ini menjadi kunci, dan keberhasilan seorang pendidik dapat diukur dari kemampuannya dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. Kemampuan ini menjadi semakin penting, dan ketidakmampuan mengikuti perkembangan dapat dianggap sebagai kerugian. Tujuan utama seorang pendidik adalah membentuk generasi yang memiliki potensi sesuai dengan ajaran-Nya dan mampu menghadapi perubahan zaman. Oleh karena itu, kualitas peserta didik menjadi parameter penilaian keberhasilan seorang pendidik.

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

D. Zahra AS. FM. (2025). Tafsir Tematik Ayat-Ayat Tarbiyah Subjek Pendidikan Menurut Penafsiran Ibnu Katsir. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.59342/jgt.v4i1.446

Issue

Section

Articles