Pengembangan dan Aplikasi Media Pembelajaran
Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.349Keywords:
pengembangan, media, pembelajaran, efektivitas, pencapaianAbstract
Jurnal ini membahas tentang pengembangan dan aplikasi media pembelajaran dalam konteks pendidikan. Media pembelajaran merupakan alat yang penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran melalui pengembangan dan implementasi media pembelajaran yang inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahap pengembangan media pembelajaran meliputi identifikasi kebutuhan, perencanaan desain, pengembangan prototipe, uji coba, evaluasi, dan revisi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket untuk memperoleh informasi tentang efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan secara konsisten dapat meningkatkan minat, partisipasi, dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang beragam, seperti animasi interaktif, video pembelajaran, dan permainan pendidikan, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran. Penerapan media pembelajaran dalam konteks pendidikan tidak hanya memanfaatkan teknologi terkini, tetapi juga memperhatikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Melalui pengembangan dan aplikasi media pembelajaran yang tepat, pengajaran dapat disesuaikan dengan gaya belajar individu dan mendorong pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan melalui penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi pendidik dan pengembang kurikulum untuk memanfaatkan media pembelajaran secara optimal dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
References
Anderson, J., Smith, R., & Johnson, M. (2017). Interactive learning media and student engagement: A study in elementary schools. Journal of Educational Technology.
Arsyad, M., & Khoiriyah, N. (2023). The Effectiveness of Interactive Learning Media on Students' Learning Outcomes: A Meta-Analysis. International Journal of Educational Technology.
Brown, S., & Jones, L. (2018). Enhancing student motivation through interactive learning media: A case study in higher education. Journal of Interactive Learning.
Clark, R., & Mayer, R. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. John Wiley & Sons.
Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: Penerbit PT Refika Aditama.
Dewi, K., & Haryanto, H. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Handayani, E., & Pratama, A. (2020). The Role of Interactive Learning Media in Enhancing Students' Critical Thinking Skills: A Quasi-Experimental Study. Indonesian Journal of Educational Technology.
Haryanto, A., & Setiawan, B. (2019). The Effect of Interactive Learning Media on Students' Problem-Solving Skills: A Comparative Study. Journal of Educational Technology.
Hermawan, D., & Arifin, Z. (2021). Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.
Kurniawan, A., & Suryadi, D. (2022). Media Pembelajaran Interaktif: Prinsip, Desain, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setiawan, A. (2020). Pendidikan Digital: Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Penerbit PT RajaGrafindo Persada.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661
UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50
Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65
Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05
Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26
Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470
Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189
Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400.
Smith, J., Anderson, R., & Johnson, M. (2018). The Impact of Interactive Learning Media on Student Engagement: A Case Study in Higher Education. Journal of Interactive Learning.
Suryanto, A., & Utomo, T. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khofifah Mawaddah Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.