AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS ONLINE PADA MASA COVID-19 DI MI AL-IKHSAN PERTUMBUKAN
Keywords:
Aktivitas Belajar ; Pembelajaran Online ; Pembelajaran Al-Quran Hadis; PandemiAbstract
Penyebaran virus corona membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan baru di bidang pendidikan. Kebijakan tersebut dibuat dengan tujuan pencegahan penyebaran virus covid-19 di lingkungan pendidikan. Kebijakan yang dikeluarkan memberikan perubahan aktivitas belajar saat ini. Selama diintrusikan kebijakan belajar dari rumah. Siswa melaksanakan pembelajaran Al- Quran Hadis secara online dengan memanfaatkan beragam aplikasi seperti whatsapp, messeger, dan ruang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas permasalahan yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran secara online. Metode penelitian yang dilakukan dengan kualitatif yaitu wawancara kepada para pendidik khususnya di MI Al Ikhsan Pertumbukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi covid-19 dengan cara daring menggunakan beberapa aplikasi seperti whatsapp, messeger, dan ruang guru. Siswa dapat melihat dan mengambil materi-materi yang penting dalam suatu pembelajaran online, pada masa covid-19 ini siswa mengikuti pembelajaran secara online. Proses aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Al-Quran Hadis online di MI Al-Ikhsan dilaksanakan dengan baik, terarah, terencana, dan teratur untuk mengembangkan dan meningkatkan kegiatan proses kegiatan pembelajaran siswa. Proses aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Al-Quran Hadis online di MI Al-Ikhsan menggunakan pembelajaran secara daring dan luring. Pembelajaran secara daring dilakukan secara online yaitu melalui whatsapp. Pembelajaran luring dilakukan bagi siswa yang tidak mempunyai handphone. Siswa bisa datang ke sekolah menjuimpai gurunya untuk meminta materi dan soal-soal tersebut kepada gurunya.
References
Ali Sadikin, Afreni Hamidah, (2020), Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning In The Covid-19), Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol.6, No.2
A.Rosmiati Aziz, Ilmu Pendidikan Islam, ( Yogyakarta : Sibuku, 2016)
Hasan Asari, Hadis-Hadis Pendidikan, ( Bandung : Citapustaka Media Printis, 2017)
Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda
Karya, 2017)
Rusman, Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran,
(Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2019)
Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta : PT
RajaGrafindo, 2011)
S Nasution, Didaktik Asas-Asas Mengajar, ( Jakarta : Sinar Grafika Offset,
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT Rineka Cipta,
Ayulia Septiani, Muhammad Taufik Bintang Kejora (2021), Tingkat Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3, No 5
Rio Erwan Pratama, Sri Mulyati, (2020), Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Gagasan Pendidikan Indonesia, Vol.1, No.2