a STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI PENDIDIKAN
strategi, kualitas pembelajaran, supervisi pendidikan
Keywords:
strategi, kualitas pembelajaran, supervisi pendidikanAbstract
Kualitas pembelajaran harus senantiasa ditingkatkan demi terwujudnya tujuan Pendidikan Nasional secara maksimal . Kepala sekolah selaku manajer dalam satuan Pendidikan sudah seharusnya memperhatikan kualitas pembelajaran dan salah satunya adalah dengan melaksanakan supervisi Pendidikan. Melalui supervisi Pendidikan yang dilaksanakan dengan mempertimbangkan visi misi sekolah lalu direncanakan dengan pra observasi, observasi dan umpan balik sebagai solusi terbaik, maka kualitas pembelajaran akan meningkat sesuai yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatori. Lokasi penelitian di TK Generasi Amanah yang diambil berdasarkan purposeful sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan studi dikumentasi.Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Supervisi meningkatkan kesadaran dan pemahaman pendidik dan tenaga kependidikan mengenai tugas dan fungsinya di sekolah sehingga mereka semua memiliki loyalitas dan dedikasi yang tinggi sehingga dengan loyalitas dan dedikasi yang tinggi maka proses pembalajaran akan semakin baik.(b) Program dan pelaksanaan supervisi di TK Generasi Amanah sudah terjadwal dengan terstruktur dan hasil supervisi dijadikan sebagai pegangan untuk perbaikan. (c) Supervisi yang dilakukan kepala sekolah, sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran karena dengan hasil supervisi yang diperoleh lalu dievaluasi, ditemukan solusi terbaik yaitu meningkatkan kompetensi guru sehingga dengan meningkatnya kompetensi guru, secara garis lurus meningkat juga kualitas proses pembelajaran.
References
file:///C:/Users/asusb/Downloads/artikel.pdf diakses pada 11 April 2023 pukul 22.05 wib
Danim,sudarwan dan Khairil. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Daryanto, H.M. 2006. Administrasi Pendidikan . Jakarta: PT Rineka Cipta.
Farid, Mashudi. Panduan Evaluasi & Supervisi Bimbingan danKonseling. 2003. Diva Press, Jogyakarta.
Hairun Sindi, 2022”Strategi Kepalah Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sd Negeri 1 molobog Kabupaten Bolaang Mongondow Timur”IAIN Manado
Hermanto dkk
http://repository.iain-manado.ac.id/343/1/SodaPDF-converted-skripsi%20sindi%20%281%29.pdf diakses pada 12 April 2023 pukul 12.35 wib
http://staffnew.uny.ac.id/upload/132299486/pendidikan/development-instructional-supervision-model-herman-um-uny.pdf diakses pada 12 April 2023 pukul 10.15 wib
Maryono. 2011. Dasar-Dasar & Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media
Muhtar dan Iskandar. 2009.Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press
Mujamil Qomar,2018 “Metodologi Penelitian Kualitatif” Malang ;PT. Bumi Puthuk Shankara.
Rahmi Novitya Dwi , Strategi supervisi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru” Universitas Negeri Padang
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661
UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50
Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65
Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05
Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26
Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470
Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189
Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400.
Wau, Yasaratodo. 2017. Profesi Kependidikan Edisi Revisi. Medan: Unimed Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.