MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Authors

  • yulianti anti universitas jambi
  • Muhsin Chatib Uin Sultan Thaha Saefuddin Jambi

Keywords:

pembelajaran STAD; Konversi Jarak; Hasil Belajar; Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu cara dalam peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi konversi jarak dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Kegiatanpenelitian dilakukan pada peserta didik VD SDIT Nurul Ilmi Jambi semester I tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil belajar materi konversi jarak yang rendah, dengan jumlah nilai yang banyak di bawah KKM. KKM sekolah sendiri yaitu 75. Pembelajaran peserta didik juga dinilai belum cukup karena pendidik masih menggunakan metode tradisional yang membuat pembelajaran menjadi kurang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang langkah-langkahnya adalah merencanakan, melaksanakan, mengamati dan merefleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Pada setiap tahap siklus pembelajaran dilaksanakan melalui penggunaan model pembelajaran STAD yang termasuk dalam metode pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi pembelajaran konversi jarak dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran dengan tercermin dari hasil nilai perpeserta didik yang telah menyelesaikan KKM. Mengenai hasil belajar kognitif sebelum tahapan siklus, kelas VD yang berjumlah 27 siswa, 11 siswa atau 40,75% yang memenuhi KKM dengan rata-rata 66,11. Setelah kegiatan penelitian siklus I, jumlah peserta didik yang memenuhi KKM menjadi 19 peserta didik atau 70,37% dengan rata-rata 81,3, dan siklus II jumlah yang memenuhi KKM meningkat menjadi 24 siswa atau 88,89 dengan rata-rata 89,63. Berdasar dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar materi konversi jarak pada peserta didik kelas VD SDIT Nurul Ilmi Jambi

 

References

Anas, Muhammad. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hamid, A. (2017). Pendidik Profesional. Al Falah, 17(2), 274-285.

Kemendikbud. (2012). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SD KelasV. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu

Kurniasih, I. & Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesional Pendidik. Yogyakarta: Kata Pena.

Mufida, Dalfa (2019). Penerapan Metode Stad (Student Team Achievement Division) Pada Pembelajaran Menulis Teks Biografi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. 2 (4) , 559

Nuharini, Dewi. Buku Peserta didik Matematika Pendidikan Matematika untuk kelas V SD/MI. Penerbit: CV Usaha Makmur Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rifanty, Epriliana (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar menggunakan model kooperatif tipe make a match Pada Peserta Didik Kelas Vb Sd Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). 4(2).

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

anti, yulianti, & Muhsin Chatib. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–9. Retrieved from https://jurnal.insan.ac.id/index.php/jgt/article/view/180