Problematika Pembelajaran QH Problematika Siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadis

Studi kasus siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga

Authors

  • Saidatun Saidatun Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Kota Binjai
  • Salsabila Putri STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai
  • Sara Nadira STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai
  • Sarifah Fauzul Muna STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai
  • Rahim STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai
  • Rama Hamdani STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai

Abstract

Pada pertengahan tahun 2022 jumlah penduduk Indonesia mencapai 275,77
juta jiwa. Menurut jurnal The Royal Islamic Strategic Studies Center (RISSC) atau
Mabda bertajuk The Muslim 500 edisi 2022, jumlah penduduk Indonesia yang
beragama Islam mencapai 231,06 juta jiwa. Jumlah tersebut setara dengan 86,7%
dari total penduduk Indonesia. Maka dari itu sudah sangat lazim apabila banyak di
jumpai sekolah yang berbasis Ialam, terutama dengan menambahkan mata
pelajaran Al-Quran dan Hadist dalam kurikulum pendidikan di sekolah swasta
islami. Namun, hal ini tidak dibersamai dengan minat belajar siswa dalam
mempelajari Al-Quran dan Hadist. Hal ini juga ditemui di SMP Al-Wasliyah
Gunting Saga. Dalam penelitian ini, penulis bertjuan untuk mengetahui
problematika (kendala-kendala) yang dialami siswa SMP Al-Washliyah Gunting
Saga dalam pembelajaran Al-Quran Hadist dan memaparkan beberapa solusi yang
mungkin dapat mengatasi problematika siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga
dalam pembelajaran Al-Quran Hadist. Dalam penelitian menunjukkan bahwa
problematika yang ada di SMP Al-Washliyah Gunting Saga diantaranya adalah
masih banyaknya siswa yang kurang mampu membaca Al-Quran dan Bahasa Arab,
bahkan hampir 50% dari 40 orang siswa tidak mampu membaca Al-Quran sesuai
dengan kaidah tajwid, dan makharijul huruf yang baik. Hal ini disebabkan karena
latar belakang lulusan siswa yang heterogen. Disamping itu, kurangnya partisipasi
orang tua yang seharusnya ikut andil dalam proses pembelajaran siswa, serta faktor
lingkungan tempat tinggal siswa yang tidak bernilaikan agama islam. Solusi yang
dapat diterapkan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Quran Hadist di
SMP Al-Washliyah Gunting Saga diantaranya adalah dengan memberikan
kebijakan dengan cara menambuat ekstrakurikuler khusus untuk belajar tahsin AlQuran dan Bahasa Arab yang diwajibkan untuk diikuti oleh seluruh siswa, guna
untuk mendorong kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran dan Bahasa Arab
dengan baik dan benar. Disertai dengan pihak sekolah meningkatkan
perangkat/sarana dan prasarana pembelajaran.
Kata Kunci: Problematika, Siswa, Pembelajaran Al-Quran dan Hadist

References

Umar Tirtaharhardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), h.263.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologis Proses Pendidikan, (Bandung: Rosdakarya, 2005), h.3.

Tilaar, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, (Jakarta: Tera Indonesia,2001), h.1.

Oemar.H. Malik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, (Bamdumg: aksara,2000), h.36.

Wina Sanjaya, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Keencana, 2006).

Ahsin W. Al-Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994), h.90.

Hallen A, Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Ciputat Press, 2002), h. 123-124.

Observasi Pendahuluan di SMP Al-Washliyah Gunting Saga, pada tanggal 6 November 2022.

Kamua Besar Bahasa Indonesia, (Suabaya: Reality Publishe,2008), h.600.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta; Bulan Bintang, 2002), h.789.

Syukir, Dasar-dasar Strategi Dakwah Islami,(Surabaya: Al-Ikhlas,1983), h. 65.

Mardiyah, M. Dahlan. R, and Tjetjep suhandi, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist, Fikrah: Journal Pf Islamic Education 2, no 1 (2018) h. 1-12. Di akses pada 8 November 2022 pukul 08:00 WIB.

Departemen Agama, Standar Kompetensi, (Jakarta:Depad, 2004), h. 5.

Depag RI, Metode-Metode membaca Al-Qur’an Di Sekolah Umum, (Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1997), h. 24.

Ahsin W. Al-Hafidz, Bimbingan Konseling Praktis Menghafal Al-Qur’an, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994), h.41.

Ali Yasir, Metode Tafsir Al-Qur’an praktis,(Yongyakarta: Yayasan PIRL, tt) h.53.

Slameto, Belajat dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h. 54.

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50

Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65

Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05

Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26

Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470

Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189

Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h. 60.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Saidatun, S., Salsabila Putri, Sara Nadira, Sarifah Fauzul Muna, Rahim, & Rama Hamdani. (2023). Problematika Pembelajaran QH Problematika Siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis: Studi kasus siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga . Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 84–93. Retrieved from https://jurnal.insan.ac.id/index.php/jgt/article/view/159