Pengenalan Konsep Manajemen Waktu Melalui Aktivitas Matematika untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Aulia Annisa

Keywords:

manajemen waktu, aktivitas matematika, anak usia dini

Abstract

Saat ini teknologi berkembang pesat dan menyentuh semua kalangan, baik dari pengguna dewasa bahkan anak- anak juga tidak terlepas dari pengaruh teknologi. Anak-anak dapat mengakses permainan digital dari tablet, komputer atau telepon genggam. Tetapi dalam penggunaan peralatan digital, orang tua harus menerapkan manajemen waktu agar penggunaannya tidak berlebihan, sebab akan membuat anak kehilangan kesempatan berinteraksi dengan orang lain dan kehilangan waktu belajar Penelitian ini menganalisis manajemen waktu anak usia 3-6 tahun dari sisi teoritik serta solusi dalam mengatasi problematika manajemen waktu sehingga bisa menumbuhkan kemandirian pada anak. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan menganalisis 15 buku dan artikel ilmiah terkait manajemen waktu melalui aktivitas matematika pada anak. Teknik analisis data menggunakan analisis isi terkait fenomena, penyebab dan solusi manajemen waktu anak melalui aktivitas matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa anak dilatih untuk dapat menentukan prioritas mana aktifitas yang penting dan yang harus di dahulukan, agar anak lebih produktif baik di sekolah atau aktifitas lainnya. Materi utama manajemen waktu yang diajarkan dalam perancangan permainan adalah belajar menentukkan prioritas kegiatan dan penggunaan konsep urutan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, sehingga diharapkan apabila anak memahami kedua materi tersebut, secara tidak langsung anak juga dapat mengembangkan kedisiplinan karena terlatih untuk mematuhi aturan-aturan yang ada.

References

Abdillah, L A Et Al. 2020. Human Capital Management. Yayasan Kita Menulis.

Annauval, Affan Rais, And Muhammad Abdul Ghofur . 2021. “Lingkungan Keluarga

Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada

Pembelajaran Daring.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5): 2114–22.

Annisa, A. (2021). Analisis Perkembangan Sosial Pada Anak Bilingual di Abad 21.

Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(01), 31-46.

Handayani, O. D. (2018). Pembelajaran Matematika Permulaan Melalui

kewirausahaan Pada Aktifitas Bercocok Tanam Pada Anak Usia Dini (Studi

Kualitatif di KB-TK Islam Sabilina). PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang

Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2).

Haruna, Nana Harlina, And Muhammad Fajar . 2021. “Pengaruh Manajemen

WaktuTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xii Ips Sma

Perguruan Islam Makassar Di Masa Pendemi Covid-19.” Pedagogy: Jurnal

Pendidikan Matematika 6(1): 13–21.

Heri Zan Pieter, S P. 2017. Dasar-Dasar Komunikasi Bagi Perawat. Prenada Media.

Harahap, Hasmi Syahputra Et Al. 2021. “Hubungan Motivasi Berprestasi,

Minat Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa.” Edukatif:

Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4): 1133–43.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter

Bangsa. Jakarta : Kemdiknas.

Kemendiknas. (201). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter

Bangsa. Jakarta : Kemdiknas.

Lubis, M.J & Haidir. 2019. Administrasi Dan Perencanaan Pengembangan Sumber

Daya Manusia. Prenada Media.

Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di

Indonesia. Jakarta: Kencana.

Nurmala, I. 2020. Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental Dan Sosial: (Model

Intervensi Health Educator For Youth). Airlangga University Press.

Nurrahmaniah, N. (2019). Peningkatan Prestasi Akademik Melalui Manajemen

Waktu (Time Management) dan Minat Belajar. Andragogi: Jurnal

Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 149-176.

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50

Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65

Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05

Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26

Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470

Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189

Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400.

Surur, Agus Miftakus, And Ana Ulin Nadhirin . (2020.).“Manajemen Waktu

Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1

Baleturi.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 81–94

Wahidaty, H. (2021). Manajamen Waktu: Dari Teori menuju kesadaran diri peserta

Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu pendidikan, 3(4), 1880-1887

Yunita, Y., Wibowo, W. & Aryanto, H. (2013). Perancangan Permainan interaktif

Melatih Manajemen Waktu Untuk Anak-Anak Berusia 6-8 Tahun (Doctor

dissertation, Petra Christian University).

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Annisa, A. (2022). Pengenalan Konsep Manajemen Waktu Melalui Aktivitas Matematika untuk Anak Usia Dini. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 124–134. Retrieved from https://jurnal.insan.ac.id/index.php/jgt/article/view/130