Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab pada Pembelajaran Al-Qur'an Hadis dalam Memahami Tujuan dan Fungsi Al-Qur'an
Keywords:
Pembelajaran Al-Qur'an Hadis, Metode Ceramah, Metode Tanya JawabAbstract
Dalam dunia pendidikan, metode pembelajaran merupakan suatu faktor yang penting untuk menunjang keaktifan dalam proses pembelajaran, dan penggunaan metode akan mempengaruhi tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Dalam memilih metode pembelajaran harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi metode pembelajaran, artinya dalam menentukan metode pembelajaran itu tepat, maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Metode yang digunakan pada pembelajaran Alquran Hadis yang akan dibahas kali ini adalah metode ceramah dan tanya jawab. Metode ceramah dan tanya jawab memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan dari apa yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan teknik metode ceramah dan tanya jawab pada mata pelajaran Alquran Hadis dalam memahami tujuan dan fungsi Alquran. Adapun permasalahan yang sering terjadi terkait penggunaan metode ceramah dan tanya jawab. Pada metode ceramah yaitu mudah terjadi verbalisme, yang visual menjadi rugi, yang auditif lebih besar menerima. Membosankan untuk penggunaan yang relatif lama, sulit menyimpulkan bahwa siswa paham dan tertarik dengan apa yang disampaikan, dan siswa menjadi pasif. Kemudian permasalahan yang sering terjadi pada penggunaan metode tanya jawab yaitu siswa merasa takut dan tegang bila guru kurang dapat menghadirkan suasana akrap dan menimbulkan keberanian siswa. Tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai tingkat berfikir siswa dan mudah dipahami siswa, banyak waktu terbuang terutama bila siswa tidak dapat menjawab pertanyaan, dan tidak mungkin memberi pertanyaan pada setiap siswa untuk kelas yang besar. Metode ceramah ialah cara menyampaikan sebuah materi pelajaran dengan cara penuturan lisan kepada siswa atau khalayak ramai. Metode tanya jawab adalah metode pembelajaran dengan cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru. Metode tanya jawab ini dapat melatih siswa untuk mengemukakan pendapat dalam diskusi sehingga dapat menciptakan kondisi belajar menjadi menyenangkan.
References
Abd, Wadud. 2009. Pendidikan Agama Islam Al-Qur’an Hadis untuk Madrasah.
Adi, W. Gunawan, 2004. Genius Learning Strategy, Petunjuk praktis untuk menerapkan Accelerated Learning. Gramedia Pustaka Utama.
Al- Mahalli, Jalaluddin dan Jalaluddin Al- Suyuthi. Tafsir Jalalayn. Juz I. Indonesia: CV. Pustaka Assalam.
Anggraini, Sri Rezki. 2017. Metode Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadits dan Problematikanya (Studi Kasus di Mts. Muhammadiyah Tongko Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang). Skripsi. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah: Makassar.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam.
Arikunto S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta. 67, 225
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar.
Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran.
Syukran, Agus Salim, 2019. Fungsi Al-Qur'an Bagi Manusia. Jurnal al-I’jaz 1 (1) : 92-93, 99-105.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661
UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50
Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65
Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05
Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26
Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470
Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189
Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400.
Sitohang, Justi. 2017. Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora. 3 (4): 682-683
Widiyati, Ani. 2004. Metode Mengajar Sebagai Strategi Dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.