PENYANDANG DISABILITAS, ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN

Authors

  • Arie Dwi Ningsih Arie Syeh H.Abdul Halim Hasan Al-Islahiyah

Keywords:

penyandang disabilitas, hak, kewajiban

Abstract

Anak penyandang disabilitas dapat digolongkan sebagai salah satu kelompok rentan. Yakni kelompok yang paling sering menerima perlakuan diskriminasi dan hak-haknya sering tidak terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait masalah yang dialami oleh anak penyandang disabilitas serta solusi yang dapat diambil sebagai langkah ikhtiar dalam memenuhi hak dan kewajiban mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan melalui pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa masih banyak anak penyandang disabilitas yang belum memperoleh perlakuan yang layak khususnya dalam hal Pendidikan. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Adanya kebijakan pemerintah terhadap penyandang disabilitas, sangat mempengaruhi layanan pendidikan yang diterima sebagai hak mereka memperoleh pendidikan, kejelasan status dan kebijakan penyandang disabilitas sudah mulai diperhatikan pemerintah baik di Indonesia maupun di dunia, dengan kebijakan pemerintah atas penyandang disabilitas, merupakan berita yang cukup menggembirakan karena bagi orang tua dan juga anak penyandang disabilitas sehingga mereka lebih bersemangat menghadapi hidup dan kehidupan, dengan adanya kebijakan bagi anak penyandang disabilitas, tingkat perekonomian mereka lebih terjamin di kemudian hari.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Arie, A. D. N. (2022). PENYANDANG DISABILITAS, ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 92–100. Retrieved from https://jurnal.insan.ac.id/index.php/jgt/article/view/101