PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIST BERDASARKAN PENDEKATAN METODE DISKUSI DI MADRASAH

Authors

  • Devi Fitria STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Islahiyah Binjai

Abstract

                                                                                          ABSTRAK
Memilih metode pembelajaran mengajar yang tepat sangat penting dalam proses pembelajaran.Metode pembelajaran terdiri dari semua komponen pembelajaran bahan dan prosedur atau tahapan kegatan pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Metode pembelajarannya adalah rencana tindakan termasuk penggunaan pendekatan dan berbagai sumber daya dalam pembelajaran ,metode dirumuskan untuk mencapai tujuan tertentu. Pembelajaran materi Al-qur’an hadist memiliki ranah efektif yang lebih dominan, sehingga ketika pembelajaran materi ini berlangsung tanpa menyentuh ranah efefktif, itu dapat dipastikan bahwa tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Disana berbagai macam metode dan teknik pembelajaran yang akan digunakan oleh pendidik, namun tidak semuanya sama efektifnya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu diperlukan kreasi dan inovasi guru dalam memilih strategi.Mempelajari alquran hadist yang merupakan bagian penting dari pendidikan islam juga berkontribusi terhadap pencapaian pendidik nasional. Belajar alquran hadist adalah pemberian pengetahuan atau keterampilan membaca dari pendidik kepada peserta didik agar siswa dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang alquran hadist.
Kata Kunci : Pembelajaran Alquran Hadist, Metode Diskusi Di Madrasah.

References

Baharuddin dan Wahyuni,Esa Nur.(2010).Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Morgan,C.T, (1961). Introdecation to Psychology, The Ms.Grow will Book Company

Winkell,W.S, (1986). Psikologi Pengajaran. Gramedia

Muhammad Surya, (2003),Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Muhubbin Syah, (2002),Psikologi Pendidikan. Bandung:Rosda Karya

UIN Raden Intan, (2020),Penerapan Pembelajaran. Lampung

Departemen Agama RI, (2006),Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah. Jakarta: Depag

Abdul Majid, (2014),Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya

Aris Shoimin, (2018), Model Pembelajaran Inovatf dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50

Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65

Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05

Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26

Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470

Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189

Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.

Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400.

Martinis Yamin, (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press

Syaiful Bahri Djamarah, (2000). Guru dan Anak dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Buchri Alma, (2012). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta

Moedjiono dan Damayanti, (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dikbud

Hasubuan dan Moedjiono. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Fitria, D. (2022). PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST BERDASARKAN PENDEKATAN METODE DISKUSI DI MADRASAH. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 135–141. Retrieved from https://jurnal.insan.ac.id/index.php/jgt/article/view/100