IMPLEMENTASI AKAD SALAM BERDASARKAN PSAK 103 PADA TRANSAKSI E-COMMERCE

Authors

  • Dwi Nansika Putri UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
  • Putri Uli Nur Alamsyah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
  • Nurul Karimah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
  • Najwa Mughny Awwaliyah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

DOI:

https://doi.org/10.59342/jer.v3i2.705

Keywords:

Penjualan, Akad Salam, Transaksi Jual Beli Online, PSAK 103

Abstract

Jual beli salam adalah akad jual beli barang pesanan di antara pembeli dan penjual. Spesifikais harga dan harga barang pesanan harus sudah disepakati diawal akad, sedangkan pembayaran dilakukan dimuka secara penuh. Jual beli salam merupakan akad jual beli yang diperbolehkan. Hal ini berdasarkan atas dalil-dalil yang terdapat dalam al quran. Rukun salam adalah penjual dan pembeli, ada barang dan uang, ada sighat (lafaz akad). Sedangkan syarat jual beli salam harus jelas, sifat objek jual beli salam harus jelas, kadar atau ukuran objek jual beli salam harus jelas, jangka waktu pemesanan objek jual beli salam harus jelas, asumsi modal yang dikeluarkan harus diketahui masing-masing pihak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji elemen dasar dan persyaratan untuk merapkan kontrak salam dalam transaksi jual beli online memenuhi PSAK 103

References

Akuntansi, J., Ekonomi, F., & Andalas, U. D. (2023). Analisis Persepsi Pemahaman Mahasiswa Terhadap Psak 103 Akuntansi Salam ( Studi Empiris Pada Mahasiswaakuntansi Universitas Dharma Andalas Padang ). 01(03), 199–210.

Chandra Kurniawan, Hasbullah Eka Saputra, Yulia Dwi Safitri, & Ersi sisdianto. (2024). Analisis Akad Salam (PSAK Syariah 103) Pada Transaksi Jual Beli Online. Jurnal Pemimpin Bisnis Inovatif, 1(2), 14–23. https://doi.org/10.61132/jpbi.v1i2.72

Gusti Susmanto, F., Mutiah, R., & Damayanti Rusmana, F. (2024). Implementasi Pengelolaan E-Commerce Terhadap Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI), 3(1), 34–49. https://doi.org/10.57171/jesi.v3i1.29

Kurniawan, C., Saputra, H. E., & Safitri, Y. D. (2024). Analisis Akad Salam ( PSAK Syariah 103 ) Pada Transaksi Jual Beli Online. 1(2).

Mei, N., & Nazwari, F. (2024). ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI SALAM PADA JUAL BELI. 1(2), 29–35.

Muhammad, W., & Pramukti, A. (2024). YUME?: Journal of Management Jual Beli Dalam Praktek Affiliate Marketing Pada E-Commerce Perspektif Akuntansi Syariah ( Studi Kasus Pada Perusahaan Shopee Indonesia ). 7(1), 293–306.

Terhadap, I. P. E. (2024). ISLAM maupun sumber daya alam yang beragam , sehingga banyak sekali hidup dengan cara mengelola dari bahan yang belum jadi menjadi. 3(1), 1–3.

Downloads

Published

2024-11-21