PENGARUH FITUR LAYANAN IB RENCANA DAN COSTUMER RELATHIONSHIP TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK TABUNGAN IB RENCANA DI PT BANK MUAMALAT KCP BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.59342/jer.v3i2.685Keywords:
Fitur Layanan, Prosedur Customer Relationship, Keputusan Memilih Produk IB RencanaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yaitu antara fitur layanan Ib Rencana dan prosedur costumer relationship terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan Ib Rencana pada PT. Bank Muamalat KCP binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan pendekatan deskriftif. Tehnik pengambilan sampel ini menggunakan tehnik Random Sampling. Dari tehnik tersebut ada 39 Responden yang di jadikan sampel. Uji digunakan adalah uji kolmogorov-smirnov untuk menguji Normalitas data. Tehnik analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda. Yang berdasarkan hasil perhitungan bahwa fitur layanan dan costumer relationship berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih produk tabungan Ib Rencana. Hal ini terlihat dari ANOVA yang diperoleh sig. < dari taraf alpha (5%). Yang artinya fitur layanan dan prosedur costumer relationship secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan Ib Rencana pada PT. Bank Muamalat KCP Binjai, dengan sig. 0.00 < 0.05 sehingga hipotesis teruji. Hal ini menunjukan adanya hubungan positif fitur layanan dan prosedur costumer relationship secara bersama-sama terhadap keputusan nasabah memilih produk Tabungan Ib Rencana. maka ditolak dan diterima, hasil uji signifikan (uji t) bahwa untuk (X1) nilai sig. 0.00<0.05, untuk (X2) nilai sig. 0.00< 0.05 maka keduanya berpengaruh signifikan, untuk hasil (uji F) berdasarkan tabel bahwa untuk nilai sig. 0.00<0.05 maka hipotesis secara bersama-sama berpengaruh signifikan (R Square) dari hasil ouput diperoleh sebesar 0.967 atau 96.7% Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin besar fitur layanan yang di berikan, semakin besar pula keputusan nasabah dalam memilih produk tabungan Ib Rencana pada PT.Bank Muamalat KCP Binjai.
References
Anshari. R, (2019). Pengaruh customer relationship management ( crm ) terhadap kinerja perusahaan pada industri perbankan Indonesia The effect of customer relationship management ( crm ) on firm performance on Indonesian banking industry. Jurnal Akuntansi dan Keuangan 16(1), 122–127.
Audya.s, D. (2021). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Ib Rencana Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Muamalat KCP Palopo. Skripsi.
Harahap, R. S. P. (2020). Pengaruh Fidelity Customer Terhadap Tabungan Deposito Fullinvest IB Muamalat Priode 2015-2018 (Studi Kasus PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Binjai). Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains …, 504–509. http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/487%0Ahttps://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/download/487/483
Harahap, R. S. P.. (2020). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Membeli Produk Makanan Dan Minuman (Studi Kasus Lingkungan VI Kelurahan Nangka Binjai Utara). Jurnal.V(2), 354–376.
Gozhali I. (2010). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Marzuki, I. (2019). Menggunakan Tabungan Mudharabah ( Studi Kasus Bank Muamalat Cabang Balaikota Medan ). Skripsi. Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Vhisnu p. (2023). kualitas produk,kepuasan pelanggang,dan niat beli ulang: konsep dan aplikasi pada studi kasus. Binangun : MPI.
Aseandi, R, a, Munthe, S, b, A. F. D. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Syariah Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Stabat.Jurnal. 6, 30–41.
Risma. (2021). Pengaruh Fitur Layanan dan Kemudahan terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi pada Masyarakat Desa Rantau Rasau Kecamatan Berbak). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negerii, 1(1), 1–13.
Munthe, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada Tabungan Mudharabah Di Bank Muamalat Cabang Balai Kota Medan. Jurnal. 9, 1.
Sari, R. (2019). Pengaruh Customer Relationship Marketing, Nilai Nasabah Dan Keunggulan Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pangkalan Brandan. Skripsi.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mixed methods).
Thendywinaryo, C., Sidik, A., & Goenawan, F. (2020). Analisis Strategi Customer Relationship Management Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Umkm Retail Non- Makanan Di Indonesia Timur ( Studi Kasus Pada New Em Collection ) Pendahuluan. E-Komunikasi, 9, 12.
Trott, T. &. (2021). analisis strategi customer relationship management untuk mempertahankan loyalitas pelanggan non- makanan di indonesia timur (studi kasus pada new collection). Jurnal E-Komunikasi, 9, hal.3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khalifah Fiqia, Raja Sakti Putra Harahap, T. Citra Nisa Farza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.