PENGARUH KEPERCAYAAN PELANGGAN DENGAN AKAD ISTISHNA ATAU PRE ORDER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERBASIS E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH

Authors

  • Geri Bintang Rikardi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurazizah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zahra Kesya Fahira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59342/jer.v3i1.528

Keywords:

Kepercayaan, Pre Order, Keputusan Pembelian, E-Commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan pelanggan dengan akad istishna atau pre order terhadap keputusan pembelian berbasis e-commerce shopee pada mahasiswa akuntansi syariah. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi Syariah di lingkungan kampus UINSU. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang diisi oleh 41 responden. Dengan uji data menggunakan SPSS 22. Uji yang digunakan adalah uji Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil dari uji t bahwa t hitung = 4,457 dengan t tabel dari data adalah 1,685. Karena t hitung > t tabel dan probabilitas < 0,05 maka H0 ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh kepercayaan pelanggan dengan akad istishna atau pre order terhadap keputusan pembelian berbasis e-commerce shopee pada mahasiswa akuntansi syariah.

References

Agustina, R., Afriana, R. A., & Safrina, A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kebermanfataan, Risiko dan Kepercayaan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking pada PT Bank Bukopin TBK Banjarmasin.

Aulia, T., Ahluwalia, L., & Puji, K. (t.t.). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee di Bandar Lampung.

Bahri, S., & Mulyana, A. (2021). Implementasi Akad Istishna terhadap Jual Beli Furniture (Studi di Bantenese Furniture Kramatwatu Kab. Serang). MUAMALATUNA, 12(2), 99–118. https://doi.org/10.37035/mua.v12i2.4132

Mardiasih, T. S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Pasar. 2(1).

Rangkuti, A. D., Damanik, M. A., & Purba, P. A. (2023). Akuntansi Transaksi Istishna. Jurnal El Rayyan: Jurnal Perbankan Syariah, 2(2), 167–171. https://doi.org/10.59342/jer.v2i2.434.

Riani, Y., Efiza, H. F., & Fitri, R. (2023). Penerapan Pembiayaan Akad Istishna Pada Bank Syariah. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 896–903. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.241

Sari, D. Y., Ahluwalia, L., & Permatasari, B. (t.t.). Pengaruh Expertise dan Trustworthiness terhadap Information Credibility Food Blogger Akun Media Sosial Instagram Kuliner Di Lampung. 2(2).

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli dengan Keputusan Pembelian pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Susilawati, M. W. (2017). Jual Beli Dalam Konteks Kekinian. Jurnal Ekonomi Islam, 6-10.

Waziana, W., Saputra, R. H., Sari, N. Y., Kasmi, K., & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis. NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 107–112. https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.433

Downloads

Published

2024-04-28