Efektivitas Digital Marketing, Potongan Harga, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: Toko Arif Jaya)

Authors

  • Inda Arfa Syera Universitas Muhammadiyah Asahan
  • Supiah Ningsih Universitas Muhammadiyah Asahan
  • Rudy Irwansyah Universitas Muhammadiyah Asahan

DOI:

https://doi.org/10.59342/istimrar.v4i1.829

Keywords:

Digital Marketing, Potongan Harga, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing, potongan harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di Toko Arif Jaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh konsumen yang pernah berbelanja di Toko Arif Jaya. Adapun jenis probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan jumlah 60 orang. Uji asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Uji regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji F, uji t dan uji R2. Hasil penelitian ini adalah secara simultan Variabel indepanden yang terdiri dari Digital marketing (X1), Potongan harga  (X2), dan Kualitas layanan (X3) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian (Y). Secara parsial Variabel Digital marketing (X1) secara parsial pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara parsial Variabel Potongan harga  (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara parsial Variabel Kualitas layanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

References

Assidiq, A. M., Oktaviani, D., & Sandhi, R. A. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS LAYANAN, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TELEMEDICINE. Journal of Economic Perspectives, 4(2), 240–258.

Aziz, A. R. A., Priyono, A. A., & Millaningtyas, R. (2023). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Islam Malang Angkatan 2020. E – Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 266–273.

Azizah, I. N. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Online Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Online di Marketplace Shopee. In Universitas Islam Sultan Agung. Universitas Islam Sultan Agung.

Azizah, I. N., & Indrawati, I. (2022). the Influences of Flash Sale Promotion on Shopping Enjoyment and Impulse Buying of Shopee Consumers Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2055–2072. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2394

Cahya, A. D., Andrian, R., Ramadhani, R. C., & Dwijayanti, E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Roti Bakar 97). JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 175–183. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3444

Fauzan, M. I., & Sujana, S. (2022). Pengaruh Kelengkapan Fitur Aplikasi, Kemudahan Transaksi, Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Pada Aplikasi TIX ID. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.37641/jikes.v2i1.1377

Febriah, I., & Febriyantoro, M. T. (2023). Pengaruh Live Video Streaming Tiktok, Potongan Harga, dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ecodemica?: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 218–225. https://doi.org/10.31294/eco.v7i2.15214

Hidayat, M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop Di Kota Gresik. Performa: Jurnal Manajemen Dan Star-up Bisnis, 6(4), 360–369. https://doi.org/10.37715/jp.v6i4.2558

Istikhomah, I., Sumastuti, E., & Meiriyanti, R. (2025). EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING DALAM MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KALANGAN MILENIAL DAN GEN Z PADA PENGGUNA INDOSAT. Journal of Information Systems Management and Digital Business (JISMDB), 2(3), 196–204.

Jannati, A., Mahirun, M., & Nurhayati, S. (2024). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE. Buletin Bisnis Dan Manajemen, 10(01), 119–133.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.

Junaedi, D., Redjeki, F., & Priadi, M. D. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian: studi kasus pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Mande-Cianjur. Indonesian Journal of Economic and Business, 1(2), 106–120. https://doi.org/10.58818/ijeb.v1i2.31

Kurniasih, D. (2021). Kepuasan Konsumen Studi Terhadap Word of Mouth, Kualitas Layanan dan Citra Merek. Bintang Sembilan Visitama.

Lestari, W. P., Soebiantoro, U., & Amriel, E. E. Y. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Melalui OFD Gofood: Studi Pada Mahasiswa Manajemen UPN “Veteran” Jawa Timur. Al-Kharaj?: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2774–2789. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4162

Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103.

Nurdiana, N. S. (2023). Pengaruh Flash Sale, Customer Review Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediaasi di E-Commerce Shopee (pada Mahasiswa/i di Kota Surabaya). In Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Pala’biran, J., Wijiastuti, R. D., Jamil, A., & Sofia, S. (2024). Pengaruh Keunikan Produk dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Coffee. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.54371/jms.v3i1.300

Prasetya, W., Broto, B. E., & Simanjorang, E. F. S. (2023). Pengaruh Lokasi Usaha, Cita Rasa, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Minuman Boba di Rantauprapat. Jurnal Mirai Manajemen, 8(3), 376–390. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.984

Ramadhan, M. F., & Irawati, Z. (2024). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api Jarak Jauh Non Subsidi: Studi pada Konsumen Layanan Kereta Api di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Economic Reviews Journal, 3(1), 521–538. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i1.126

Renita, I., & Astuti, B. (2022). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif dan Shopping Enjoyment pada Mahasiswa di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(04), 109–120. https://journal.uii.ac.id/selma/index

Rochis, Z., & Setiawan, M. B. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Efektivitas Iklan dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce di Era Digital. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.26486/jpsb.v12i1.3740

Sari, M., & Kapuy, H. R. (2021). Pengaruh Interior Display Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Butterfly. Jurnal EKOMEN, 21(1), 39–46.

Selviani, A., Duharman, D., & Sanjaya, A. H. (2024). PENGARUH POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DI INDOMARET SIMPANG LIMA KOTA BENGKULU. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(1), 43–52.

Setiaman, D. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Online Shopee.Co.Id. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(3), 1–16.

Sugiharto, A., & Darmawan, M. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Janji Jiwa Coffee Citra Raya. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 4(2), 24–32. https://doi.org/10.54783/japp.v4i2.454

Tasik, T., Pongtuluran, A. K., & Tahirs, J. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Rumah Makan Fanila Foody House di Eran Batu Kecamatan Karasik Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(2), 110–116.

Yudhistira, S. N., Putri, R., & Sakiinah, F. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Media Riset Bisnis Ekonomi Sains Dan Terapan, 1(2), 84–97.

Yufa, I. H. N., & Lestari, W. D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Pengaruh Potongan Harga Dan Kualitias Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 8(2), 614–626.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Syera, I. A., Supiah Ningsih, & Rudy Irwansyah. (2025). Efektivitas Digital Marketing, Potongan Harga, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: Toko Arif Jaya). Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 11–28. https://doi.org/10.59342/istimrar.v4i1.829

Issue

Section

Articles