Pengaruh Boikot Produk Israel Terhadap Peningkatan Penggunaan Produk Lokal

Authors

  • Nayla Batubara Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Delima Azzahra Istitut Syekh Abdul Halim hasan binjai
  • Nia Nurul Maydina Istitut Syekh Abdul Halim hasan binjai
  • Karina Tri Vitaloka Istitut Syekh Abdul Halim hasan binjai
  • T.Citra Nisa Farza Istitut Syekh Abdul Halim hasan binjai

DOI:

https://doi.org/10.59342/istimrar.v4i1.780

Keywords:

Boikot Produk Israel, Peningkatan Penggunaan Produk Lokal, Fatwa MUI nomor 83, INSAN.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh dari boikot produk Israel terhadap peningkatan penggunaan produk lokal di Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai, khususnya pada mahasiswa stambuk 2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan mengaplikasikan data primer yang bersumber langsung dari responden melalui pengisian instrumen kuesioner. Pada penelitian ini terdapat 3 fakultas dan 6 program studi yang menjadi obyek penelitian, kemudian mengambil sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan software IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa boikot produk Israel berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig 0,000. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 61% yang artinya boikot produk Israel berkontribusi terhadap peningkatan penggunaan produk lokal sebesar 61% dan sisanya 39% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Ardhani, N. D. (2023). Analisis dampak boikot pro israel terhadap perekonomian di indonesia. 04(02), 13–16.

Arum Pujiastuti. (2024). Mengungkap Dampak Boikot Terhadap Nilai Pasar Perusahaan. EKONOMIKA45 : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(1), 675–687.

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i1.2062

Darma Pratiwi, A. N. M. A., Lestari, A. A. A., & Sukardi, N. M. R. (2024). Boikot Produk Israel Di Indonesia Berdasarkan Perjanjian Yang Dilarang Dalam Undang-Undang No 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Jurnal Ilmiah Raad Kertha, 7(2), 9–16. https://doi.org/10.47532/jirk.v7i2.1164

Firdaus, F., Septian Putra, J., Saaulia, R., & Adnis, S. (2020). Yasser Arafat dan Konflik Palestina-Israel (Tinjauan Sejarah). Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 10(1), 1–12.

https://doi.org/10.15548/khazanah.v10i1.265

Fitri Pasaribu, A., & Kurniawan, A. (2023). Pengaruh Ketertarikan Produk Merk Global dan Merk Lokal terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Mahasiswa UINSU). Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 32–42.

Haque, M. G., Puspita, P., & Zulfison, Z. (2024). Antisipasi Pemasaran Saat Boikot Produk Di Lingkungan Konsumen Muslim Dunia Dan Indonesia Terjadi: Studi Literaratur. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 189–212.

https://doi.org/10.56145/jurnalekonomidanbisnis.v4i1.176

Imadah Thoyyibah, Dwiputri Maharani, S., Alamsyah, R., & Rosmala, R. (2024). Landasan Etik Nilai Keberpihakan Fatwa MUI No.83 Tahun 2023 Tentang Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 9(2), 41–54. https://doi.org/10.53565/pssa.v9i2.1013

Indah Mentari, C., Wahyuni, F., Rahmadani, P., & Rindiani, W. A. (2023). Dampak Positif Boikot Produk Asing Bagi Pertumbuhan Produk Lokal (Indonesia). Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 2(1), 131–140.

Jaelani, A., & Nursyifa, Y. (2024). Perilaku Konsumen Terhadap Boikot Produk Israel. Karimah Tauhid, 3(2), 2312–2327.

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12162

Khotimatul Husna, Anwar Hafidzi, & Hanafiah. (2023). Dampak Pemboikotan Produk Pro Israel Fatwa Dsn Mui Nomor 83 Tahun 2023 Bagi Warung Rumahan Di Kota Banjarmasin. Indonesian Journal of Islamic Jurisprudence, Economic and Legal Theory, 1(4), 868–876.

https://doi.org/10.62976/ijijel.v1i4.229

Laila, I., Mariani, M., & Fakhriani, R. (2024). Analisis Dampak Sosial Boikot Produk Pro-Israel. 1.

Mariza, D., Hasda, M., Winario, M., Assyifa, Z., & Pahlawan Tuanku Tambusai,

U. (2023). Dampak Boikot Produk Afiliasi Pro Israel Bagi Pertumbuhan Perekonomian Di Indonesia. Management, Business, Accounting Sustainability (JOEMBAS)Joembas JOEMBAS, 1(3), 2024.

Riyanti, D., & Laily Nisa, F. (2023). Dampak Aksi Boikot Produk Berafiliasi Israel Terhadap Pertumbuhan Produk Lokal Di Era Konflik Israel-Palestina. Djieb, 3(2), 68–80. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/djieb/index

Warongan, B. U. ., Dotulong, L. O. ., & Lumintang, G. G. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Jordan Bakery Tomohon. Jurnal EMBA, 10(1), 963–972.

https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/38527

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Batubara, N., Delima Azzahra, Nia Nurul Maydina, Karina Tri Vitaloka, & T.Citra Nisa Farza. (2025). Pengaruh Boikot Produk Israel Terhadap Peningkatan Penggunaan Produk Lokal. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 29–43. https://doi.org/10.59342/istimrar.v4i1.780

Issue

Section

Articles