Peranan Akad Salam dan Istishna dalam Mendorong Keberlanjutan Pembiayaan di Bank Syariah

Authors

  • Hasyim Abdurrahman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Salman Romizul Fikri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Bintang Adrian Sena Wangi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Andi Amri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka

DOI:

https://doi.org/10.59342/istimrar.v3i1.508

Keywords:

Akad Salam, Akad Istishna, Bank Syariah

Abstract

Pembiayaan pada bank syariah mencakup berbagai akad seperti akad salam dan akad istishna. Akad Salam adalah akad jual beli antara beberapa pihak yang harga barang atau jasa dibayar terlebih dahulu, sedangkan akad Istishna adalah akad jual beli barang yang berdasarkan pesanan pihak lain. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengidentifikasi dampak positif penggunaan akad Salam dan Istishna dalam mendorong pembiayaan bank syariah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kedua akad ini mempunyai potensi besar dalam memperlancar penyaluran pembiayaan melalui bank syariah, mengurangi risiko, memberikan layanan jual beli kepada nasabah, dan meningkatkan pemahaman terhadap nasabah dan masyarakat mengenai akad salam dan akad istishna. Pengumpulan data dilakukan dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan website. Penerapan akad Salam dan Istishna terbukti menjadi salah satu inisiatif untuk mendorong pembiyaan yang berkelanjutan pada bank syariah. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap nasabah dan masyarakat umum mengenai pembiayaan akad salam dan istishna pada bank syariah.

References

Muhammad Arif, S. S. (2022). ANTASEDEN KONTRAK JUAL BELI SALAM ISTISHNA’ DALAM KEHIDUPAN . Jurnal Salman (Sosial dan Manajemen), 93-100.

OCBC, T. (2023, agustus 8). Artikel. Diambil kembali dari OCBC: https://www.ocbc.id/id/article/2022/04/07/akad-salam-adalah

Pahlephi, R. D. (2022, Oktober 22). Detik Finace. Diambil kembali dari Detik.com: https://finance.detik.com/solusiukm/d-6361701/akad-istishna-adalah-syarat-skema-dan-hal-yang-membatalkannya/amp

Rianto, M. N. (2019). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Jakarta: ALFABETA BANDUNG.

Syariah, T. B. (2023, Maret 2). Edukasi & Tips. Diambil kembali dari Bank Mega Syariah: https://www.megasyariah.co.id/id/artikel/edukasi-tips/simpanan/bank-syariah-adalah

Yana Riani, H. F. (2023). PENERAPAN PEMBIAYAAN AKAD ISTISHNA PADA BANK SYARIAH. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 896-903.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Abdurrahman, H., Fikri, S. R., Wangi, B. A. S., & Amri, A. (2024). Peranan Akad Salam dan Istishna dalam Mendorong Keberlanjutan Pembiayaan di Bank Syariah. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.59342/istimrar.v3i1.508