Analisis Aktivitas Bisnis Pemotongan Hewan dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada Rumah Potong Unggas di Kalimati Tengah, Surabaya)

Authors

  • Dimas Ahmad Muflikh Universitas Trunojoyo Madura
  • Farid Ardyansyah Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.59342/istimrar.v2i1.254

Keywords:

Aktivitas Pemotongan Hewan, Etika Bisnis Islam, Pencemaran Udara dan Lingkungan

Abstract

Rumah Potong Unggas adalah kompleks bangunan dengan ranacangan dan susunan khusus yang persyaratan teknis hygiene tertentu terpenuhi serta diaplikasikna nenjadi lokasi memotong unggas untuk konsumen masyarakat umum. Dalam pemotongan unggas ini terdapat prospek yang menjanjikan pada masyarakat karena daging unggas khususnya ayam potong yang cukup tinggi. Bisnis Rumah Potong Unggas ini didirikan tepat dipinggir jalan yang mana dampak dari bisnis tersebut dapat dirasakan oleh pengguna jalan. Adapun dampak yang dihasilkan dari bisnis pemotongan hewan yakni pencemaran udara, pencemaran lingkungan disaat hujan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana etika bisnis Islam kepada aktivitas bisnis pemotongan hewan di Rumah Unggas Jalan Kalimati Tengah Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yakni penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara disini dilakukan kepada pemilik usaha, karyawan, dan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menunjukkan bisnis rumah potong unggas ini belum menjalankan sepenuhnya prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Dalam menjalankan aktivitas pemotongan pemilik usaha hanya menjalan prinsip unity dan free will namun dalam prinsip equilibrium dan prinsip responsibility belum dijalankan oleh pemilik usaha.

References

Al-Jazairi, A. B. J. (2015). Minhajul Muslim. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Aprianto, I. (2022). Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Arafah, M. (2022). Etika Perilaku Bisnis Islam. Banyumas: Wawasan Ilmu.

Badrun. (2021). Ternak Ayam Ras Petelur Di Tengah Pemukiman Masyarakat Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Kampung Setia Negara Baradatu Way Kanan). Jurnal Hukum Ekonomi Islam, 1.1, 41.

Badrun, F. (2012). Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Griup.

Habibi, R. (2016). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Produksi Pemotongan Ayam Potong Di Pasar Rambipuji Jember. Institut Agama Islam Negeri Jember.

Holle, M. H. (2020). Bunga Rampai Study Ekonomi Syariah. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Imani, S., Zulfikar, M., Mahmuda, S. N., Nugroho, L., Ananda, Y., Sudarmanto, E., & Soehartojo. (2022). Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Padang Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Kasanah, P. A. N., & Hanifah, L. (2023). Pengaruh Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim Pada Cafe Bintang Sanga. Nuris Journal Of Education And Islamic Studies, 3.1, 53.

Khasanah, Y. M., Ashlihah, & Mustamin. (2020). Etika Bisnis Penginapan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Masyrukah, L. (2018). Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Kegiatan Usaha Budidaya Ikan Lele Desa Sukadamai Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Naqvi, S. N. H. (2009). Menggagas Ilmu Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nata, A. (2017). Akhlaq Tasawuf Dan Karakter Muliah. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Putra, K. M. G., & Cahyono, H. (2020). Perilaku Pedagang Disentra Ikan Bulak Surabaya Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika & Bisnis Islam, 3.1.

Rianti. (2021). Analisis Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Pada Market Lazada. Journal Of Economic And Business Research, 1.1, 2.

Riyanto, S., & Putera, A. R. (2022). Metode Riset Penelitian Kesehatan & Sains. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Salim, A. (2018). Analisis Pemahaman Dan Penerapan Etika Bisnis Islam Pedagang Pengepul Barang Bekas di Kota Palembang. Islamic Banking, 4.1, 58.

Setyorini, U., Laratmase, P., Rumefi, U., Ardyansyah, F., & Muttofar, M. M. (2023). Analisis Faktor Determinan Customer Satisfaction Produk Keripik Pisang Ngemil Banana Chips. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 4.2, 624–625.

Slamet, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Cibinong: Grasindo.

Suhartini, N., Najib, M. A., & Najmudin. (2022). Modul Praktis Bisnis Syariah. Bandung: Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2024-04-13

How to Cite

Muflikh, D. A., & Ardyansyah, F. (2024). Analisis Aktivitas Bisnis Pemotongan Hewan dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada Rumah Potong Unggas di Kalimati Tengah, Surabaya). Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 69–78. https://doi.org/10.59342/istimrar.v2i1.254